Opsi Audio Premium Toyota Tawarkan Sensasi Live Music di Kabin

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 26/Janu/2021 17:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 25 Januari 2021 – Umumnya ketika kita ingin upgrade car audio, untuk pasang tweeter setidaknya ada dua pilihan, yaitu dari mengikuti OEM atau hanya mengganti komponennya saja, hingga sampai harus custom pilar A.

 

Baca Juga:
Identik Motorsport, TRD Tawarkan Paket Audio untuk Toyota Terbaru

Namun untuk pasar Jepang (JDM), Toyota punya solusi inovatif semenjak menjadi penengah antara OEM dan custom ketika mengganti tweeter, yaitu opsi manufaktur Premium Double Tweeter System.

 

Baca Juga:
Review Audio Toyota Corolla Cross Hybrid dan Upgrade Versi Cartens

(sumber: Denso Ten)

Baca Juga:
Hiburan Dalam Perjalanan, Asuka Car TV Hadirkan Head Unit ala Tesla untuk Pajero dan Fortuner

Premium Double Tweeter System yang merupakan tweeter ganda buatan Denso Ten namun teknologinya dipatenkan oleh Toyota, membuatnya dapat menikmati sensasi kehadiran luar biasa dan suara bergerak layaknya live music performance di auditorium.

 

(sumber: Denso Ten)

Dibanding teknologi single tweeter konvensional, terdapat masalah jika timing kedatangan suara disesuaikan dengan jok pengemudi, suara akan bias di jok penumpang.

 

Di dalam mobil, jarak dari speaker kiri dan kanan untuk mencapai telinga berbeda, dan sulit untuk mendengarkan informasi posisi suara yang dimiliki sumber suara aslinya dengan benar.

 

(sumber: Denso Ten)

Oleh karena itu, Premium Double Tweeter System bekerja menyesuaikan waktu kedatangan suara kiri dan kanan di jok pengemudi dan penumpang dengan lokalisasi jok kiri dan kanan secara bersamaan dengan penyelarasan timing 2-axis.

 

 

Dengan struktur floating yang mencegah unit speaker dan kotak speaker bersentuhan langsung, Premium Double Tweeter System menekan getaran tidak perlu selain suara yang akan dihasilkan. Penahan yang disebut ground anchor struktur floating meningkatkan efisiensi konversi dari sinyal listrik ke suara.

 

(sumber: Denso Ten)

Bentuk lengkung unik diadopsi untuk cover guna menekan gangguan gelombang suara yang dipancarkan karena diameter luar sehingga menghasilkan bentuk gelombang suara lebih akurat.

 

Premium double tweeter sound memberikan sound field berkualitas tinggi yang biasanya tidak ada di jok penumpang, yaitu dengan mencapai respons impuls akurat dengan menekan gangguan suara di interior kendaraan dengan banyak pantulan.

 

(sumber: Denso Ten)

Meski namanya “tweeter”, tentu tidak sendiri karena sepaket dengan amplifier performa tinggi 8 ch dalam woofer pintu yang didedikasikan untuk model kendaraan.

 

(sumber: Denso Ten)

Amplifier 8 ch performa tinggi bekerja mengkompensasi gangguan suara yang berbeda untuk setiap model untuk mengatasi kesulitan mendengar suara yang akurat dengan banyak pantulan seperti jok dan dashboard dalam kendaraan.

 

(sumber: Denso Ten)

Sementara speaker, bekerja memperoleh fluktuasi 1 / f di mana kekuatan berbanding terbalik dengan frekuensi f, dan dikatakan memberi seseorang perasaan nyaman.

 

Seperti yang diketahui, untuk meratakan 200 Hz hingga 800 Hz, yang merupakan frekuensi harmonik pertama atau bagian inti, paling penting menghasilkan fluktuasi vokal 1 / f, dalam interior kendaraan dengan banyak refleksi, seperti pembentukan "suara teredam”.

 

(sumber: Denso Ten)

Dengan demikian, kombinasi tersebut meningkatkan kejernihan suara, ditambah output 8 ch, horn tweeter kiri dan kanan, direct tweeter, speaker pintu depan, dan speaker belakang digerakkan secara independent membuat setingan presisi dan halus.

 

 

(sumber: Denso Ten)

Selain lokalisasi kiri dan kanan secara simultan dari tweeter ganda, woofer pintu yang didedikasikan untuk model kendaraan dan amplifier 8 ch menghasilkan bass yang tebal dan ruang suara berkualitas tinggi dari semua jok.

 

Dari jok penumpang bisa merasakan sound stage yang menyebar merata di kiri dan kanan, hingga membuat pemusiknya seolah-olah sedang bermain di depan.

 

(sumber: Denso Ten)

Dikemas dengan finishing black piano dan transparan, tidak hanya memiliki kualitas suara terbaik karena memiliki keindahan fungsionalnya yang membuat rasa percaya diri, menghasilkan nuansa dan kemewahan berkualitas tinggi sehingga senada dengan kualitas suaranya.

 

Maka tidak heran jika mendapat penghargaan desain Good Design Award tahun 2018 karena fungsi yang benar-benar berbanding lurus dengan estetika.

 

Hanya saja tidak semua mobil Toyota JDM yang tersedia fitur opsional ini, namun untungnya ada di beberapa model populer dan dijual lewat APM seperti Toyota Sienta, Toyota Alphard-Vellfire, dan Toyota Voxy.

 

Premium Double Tweeter System dibanderol 101.200 Yen atau sekitar 13,7 juta Rupiah.

 

(Joule)