Kumbar Kecil, Menjaga Massa di tengah Masa!

  • Oleh :

Senin, 29/Jun/2020 14:14 WIB


Kumpul Bareng atau kumbar yang diadakan oleh Kedai Built Up kembali digelar pada tanggal 28 Juni 2020 meskipun menjadi kumbar kecil semenjak acara diadakan melalui jalur pribadi (japri) dan tanpa flyer.

Sesuai namanya, kumbar kecil menargetkan massa jauh lebih sedikit dibanding kumbar sebelumnya karena masih dalam masa protokol kesehatan COVID-19 yang melarang mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Meski kecil, partisipan tetap antusias dengan menghadiri acara di Grand Kota Bintang, Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat dan mereka bisa berpartisipasi menjaga massa sehingga acara dapat diselenggarakan tanpa masalah.

"Insya Allah kita stop japri di 50 dan yang hadir paling segituan om." ujar Helmie SRS selaku penyelenggara acara kumbar kecil melalui WhatsApp 2 hari sebelum hari-H.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Kumbar kecil di Grand Kota Bintang, Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat

Dari segi kuantitas tentu tidak sebanyak ketika kumbar diadakan di luar masa pandemi COVID-19 dan setidaknya dibatasi sekitar 40 orang termasuk sekitar 5 rekan media dan orang Kedai Built Up. Jika kumbar di luar pandemi 2 jalur jalanan Grand Kota Bintang bisa ramai, untuk kumbar kecil ramainya hanya di satu jalur yang searah dari gerbang masuk.

Meski demikian, tidak menyurutkan partisipan untuk menyiapkan mobil terbaiknya yang kebanyakan mobil keluaran lama atau sebut saja retro dan mereka tetap berupaya patuh dengan mengenakan masker, misalnya.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Toyota Corolla Wagon (kiri) dan Coupe (kanan)
Honda Civic Ferio (kiri) dan Civic hatchback convert Type R (kanan)

Seperti khasnya kumbar, setidaknya terdapat beberapa mobil retro langka dan tidak beredar di Indonesia secara resmi, Selain mobil built-up yang dari namanya tidak familiar di Indonesia seperti Toyota Tercel dan Toyota Sprinter, ada juga namanya tergolong sangat familiar namun modelnya berbeda dan tidak dijual di dealer resmi pada zamannya seperti Corolla Wagon, Corolla Coupe, Civic EK Hatchback, dan sebagainya.

Subaru BRZ

Salah satu yang menarik di kumbar kecil adalah Subaru BRZ karena modifikasi membuatnya tampil paling mentereng di kumbar. Ronny dari bengkel Akasia yang mengendarainya ke kumbar dan mobil tersebut merupakan milik pelanggannya. Bukan hanya penampilannya yang paling mentereng, tetapi juga merupakan partisipan dengan mobil termuda dari sekian mobil di deretan pinggir jalan Grand Kota Bintang.

Toyota Cressida
Honda Civic Grand

Meski mobil built-up menjadi wow factor, mobil lokal juga menjadi hal yang tidak layak dipandang sebelah mata. semenjak keluaran lama dan kondisi orisinilnya benar-benar dijaga sampai terlihat seperti baru. Seperti misalnya Honda Civic Grand dan Toyota Cressida yang tampil di acara dengan kondisi orisinal.

Toyota Tercel
Toyota Corolla DX wagon

Tags :