Persiapan Mitsubishi Xpander AP4 untuk Kejurnas Akan Terus Berlanjut!

  • Oleh :

Kamis, 16/Jul/2020 16:46 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta), 16 Juli 2020 Setelah meluncurkan tim balap reli Xpander Rally Team (XRT) bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku ATPM Mitsubishi di Indonesia pada Juli 2019 lalu, XRT melanjutkan persiapan Mitsubishi Xpander AP4 dengan melakukan uji coba perdananya di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten pada Sabtu, 11 Juli 2020.

Xpander AP4 belum berkesempatan untuk menunjukkan performanya di ajang Reli di Indonesia disebabkan kondisi pandemi Covid-19 yang menunda Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sprint Rally dan Speed Rally di sepanjang tahun 2020.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

"Meskipun di tengah situasi yang belum kondusif, MMKSI dan XRT tetap berkomitmen dalam mempersiapkan Mitsubishi Xpander AP4 untuk ajang rally nasional maupun internasional." ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. MMKSI.

Uji Coba Perdana Mitsubishi Xpander AP4 (foto: Mitsubishi)

Persiapan tersebut antara lain tetap melakukan uji coba Xpander AP4 dan pertama kalinya menjalani uji coba di Indonesia yang dilakukan di lintasan gravel. Berdasarkan hasil uji coba perdana di lintasan gravel, Xpander AP4 menunjukkan performa dan hasil yang baik dan tidak ditemukan masalah berarti.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

"Saya sangat puas pada uji coba perdana Mitsubishi XPANDER AP4 kami di Sirkuit Tembong Jaya." ujar Rifat Sungkar, Pembalap XRT sekaligus Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

https://www.youtube.com/watch?v=Yvj6lklciaM

Dari hasil tersebut, diperoleh data-data yang berguna dalam pengembangan dan penyesuaian Xpander AP4 selanjutnya baik dari sisi bahan bakar, ban, air pendingin turbo, dan sebagainya.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Uji Coba Perdana Mitsubishi Xpander AP4 (foto: Mitsubishi)

"Testing sejauh 100 kilometer itu sangat bermanfaat karena kami mendapatkan data otentik mengenai semua performance di mobil tersebut, mulai dari mesin, transmisi, suspensi dan juga sasis." ujar Rifat

Selanjutnya, Xpander AP4 akan melalui tes uji coba pada lintasan aspal dalam waktu dekat, dan jika situasi sudah lebih kondusif, Xpander AP4 akan siap berpartisipasi di kejuaraan lokal sprint rally pada akhir tahun 2020 mendatang.

Mitsubishi Motors memiliki sejarah dalam mengikuti sejumlah ajang motorsport secara global yang menjadi laboratorium alam untuk menguji performa kendaraan, kenikmatan berkendara, kenyamanan, dan tentunya fitur keamanan. Pengalaman dan pengetahuan tersebut dikembangkan melalui partisipasi dalam motorsport, merupakan feedback bagus untuk pengembangan model Mitsubishi Motors.

Salah satunya Xpander AP4 yang berbasis Xpander Cross dengan riset dan pengembangan di Ralliart Selandia Baru serta melewati proses homologasi untuk menjadi sebuah mobil reli berbasis crossover MPV.

"Ini adalah salah satu upaya kami dalam mempersembahkan petualangan baru yang unik yang hanya dimiliki oleh keluarga Mitsubishi Xpander dan tentunya akan kami bagikan pengalaman ini untuk dinikmati para konsumen kami di Indonesia." tutup Nakamura.

(Joule)

Tags :