Pameran GIIAS 2020; Tetap Digelar Setelah di Surabaya Dibatalkan!

  • Oleh :

Jum'at, 17/Jul/2020 08:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta), 16 Juli 2020 - Pandemi Covid-19 yang masih menjadi persoalan global membuat Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berencana untuk tetap mengupayakan bangkitnya industri otomotif lewat penyelenggaraan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Sebagaimana telah disampaikan lewat pernyataan resmi sebelumnya, Gaikindo merencanakan untuk tetap menyelenggarakan GIIAS 2020 The Series yang dikonsentrasikan pada 2 (dua) pameran, yakni GIIAS Surabaya 2020 dan The 28thGIIAS 2020 di BSD City.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Namun sampai tulisan ini dibuat, kondisi pandemi Covid-19 secara nasional khususnya di wilayah Surabaya masih mengalami kenaikan padahal penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 sudah semakin dekat, tepatnya 2 6 September 2020,

Tentunya hal tersebut menjadi pertimbangan utama Gaikindo, mengingat kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum adalah prioritas. Oleh sebab itu, Gaikindo memutuskan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 dibatalkan, namun The 28th GIIAS 2020 BSD City tetap digelar dan menjadi fokus GAIKINDO.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Sebuah keputusan berat bagi kami untuk membatalkan penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 karena industri otomotif saat ini telah siap untuk mulai bangkit kembali." buka Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo. "Namun, kesehatan masyarakat khususnya di Jawa Timur tetap menjadi prioritas kami, sehingga dengan satu suara Gaikindo mengambil keputusan ini." tambahnya.

Namun belum berarti keputusan ini akan menurunkan semangat industri otomotif Indonesia untuk terus bangkit semenjak penyelenggaraan The 28th GIIAS 2020, BSD City tetap diusung Gaikindo sebagai ajang pemberi dorongan yang dibutuhkan industri otomotif Indonesia.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Kami akan tetap berupaya mendukung pemulihan industri otomotif skala nasional dengan berlangsungnya GIIAS 2020 di BSD City. Karena kami yakin penyelenggaraannya akan menjadi momentum yang sangat tepat untuk Industri otomotif menunjukkan performa mereka, ujar Nangoi.

Bukan berarti juga karena ketidaksiapan penyelenggaraan pameran melainkan adalah keputusan yang didasarkan atas kepedulian terhadap angka penyebaran Covid-19 di Jawa Timur khususnya kota Surabaya.

Persiapan GIIAS Surabaya 2020 sebenarnya berlangsung sesuai dengan yang direncanakan panitia dan peserta, namun sebagai tindakan pencegahan pandemi Covid-19 menjadi semakin luas kami memutuskan untuk lebih fokus mempersiapkan di GIIAS 2020, di BSD City." ujar Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo.

Persiapan tersebut juga terkait dengan protokol kesehatan ketat yang harus diberlakukan terkait kondisi dan situasi pengamanan Covid-19.

Protokol ini bukan hanya diberlakukan untuk seluruh pengunjung, tetapi juga kepada seluruh peserta dan pihak yterkait dengan penyelenggaraan pameran, seperti pihak venue penyelenggaraan pameran, para pekerja stand, penyedia makanan, hingga penyedia transportasi.

Protokol kesehatan sedang dipersiapkan bersama, kami ingin semua pihak melakukan persiapan dengan detil baik dari pihak penyelenggara maupun para peserta, sehingga pameran dapat berlangsung dengan aman dan nyaman untuk seluruh pengunjung. ujar Rizwan.

Gaikindo tetap fokus untuk memenuhi kebutuhan industri otomotif Indonesia supaya bangkit dan kembali berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi negara sekaligus menjaga kesehatan masyarakat menjadi semangat utama penyelenggaraan GIIAS 2020.

Rencananya The 28th GIIAS 2020 diadakan pada tanggal 22 Oktober 1 November 2020, di Indonesia Convention Exhibtion (ICE), BSD City, Tangerang, Banten.

Semoga situasi pandemi Covid-19 ini dapat segera teratasi dan GIIAS 2020, di BSD City dapat berjalan sesuai rencana, mendorong industri kembali berjalan dan bertumbuh, serta tetap menjaga kesehatan masyaraka. tutup Rizwan. (Joule)

Tags :