Gelis Tuner Competition, Modifikasi untuk Karya Anak Bangsa Bertaji!

  • Oleh :

Jum'at, 17/Jul/2020 20:28 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta), 17 Juli 2020 -Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) terus mendorong industri karya anak bangsa beserta industri modifikasinya agar bertaji di negeri sendiri.

Salah satunya dengan mengadakan Gelis Tuner Competition yaitu adu gagasan soal modifikasi kendaraan roda tiga Gerobak Listrik (Gelis) produksi PT Solar Panel Indonesia (SPI) yang juga digandeng oleh Kemenperin dalam pengadaan lomba tersebut.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Gelis yang 100% berpenggerak motor listrik berbasis sumber daya listrik dari baterai merupakan implementasi amanah Perpres 55 tahun 2019,untukpercepatan kendaraan listrik di jalan raya." ujar Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI.

Dalam kegiatan tersebut dipilih 3 modifikator terbaik yang masing-masing memiliki keahlian di bidangnya. Mereka ditantang untuk membuat konsep modifikasi Gelis dengan mengedepankan unsur kewirausahaan atau fungsi yang sejalan dengan jenis usahanya, tanpa mengesampingkan penampilan.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Ketiga modifikator tersebut adalah Marco Chendra - workshop cat merek Raptor dan builder kendaraan offroad, Yomin Sugianto workshop spesialis lampudan estetika eksterior Yoong Motor, dan Aldhy Rais workshop spesialis velg dan lifestyle HSR.

Masing-masing modifikator menerima jatah kendaraan roda tiga listrik Gelis berjenis DC motor 800W dan uang tunai Rp15 juta yang menjadi budget modifikasi untuk memperebutkan Piala Menteri Perindustrian RI.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

"Penciptaan GELIS didorong dari keinginan dan harapan kami untuk bisa membantu para pedagang UMKM meningkatkan taraf ekonominya dengan mobilitas yang lebih luas jangkauannya, karena mereka tidak perlu lagi mendorong gerobak dengan tenaga sendiri." ujar Ary Tjahyono selaku Chief Marketing Officer PT SPI

Karya modifikasi ketiga modifikator tersebut akan diluncurkan pada Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 - Hybrid Event, 10 Oktober mendatang. Saat kemunculannya di IMX 2020 nanti, karya masing-masing modifikator akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari Kemenperin, perwakilan SPI, Kemenhub, serta NMAA.

"IntroduksiGelis sekaligus akan menjadi media kreativitas bagi modifikator mewujudkan talentanya dan pengembangan komponen dan parts." ujar Putu, "Gelis akan memenuhi kebutuhan kalangan masyarakat luas, menyentuh levelgrass rootuntuk turut serta merasakan sensasi teknologi kendaraan listrik yang efisien, harga terjangkau, dan ramah lingkungan dalam menjalankan kegiatan usaha produktif." tambahnya.

Diadakannya Gelis Tuner Competition bertujuan memicu produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan tetap mengikuti perkembangan zaman menggunakan kendaraan penunjang usaha yang ramah lingkungan, fungsional, dan terjangkau.

"Kami di NMAA sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenperin dan PT Solar Panel Indonesia melalui Gelis Tuner Competition ini. Mengingat lewat kompetisi tersebut secara tersirat memunculkan karakter industri modifikasi Tanah Air yang selalu berkolaborasi, sebagaimana yang kami selalu gaungkan di setiap penyelenggaraan IMX, ujar Andre Mulyadi, Founder NMAA sekaligus IMX Project Director.

NMAA, Kemenperin, PT SPI, dan 3 Modifikator Terpilih (foto: NMAA)

(Joule)

Tags :