Gunakan Mesin 2JZ, Lexus RC F Drifting Ini Bertenaga 1.200 HP

  • Oleh :

Selasa, 25/Agu/2020 12:23 WIB


SoundandMachine.com (Dubai) - Distributor Lexus di Uni Emirat Arab (UEA), Al-Futtaim Lexus, bekerja sama dengan drifter profesional Ahmad Daham, membangun mobil drift Lexus RC F, yang akan bersaing di berbagai kejuaraan drifting di seluruh dunia.

Sebenarnya, mobil ini adalah pengembangan dari mobil drifting sebelumnya, yang telah memulai debutnya di Goodwood Festival of Speed ??tahun lalu. Saat membangun mobil yang dinamakan RC F Carbon Kevlar tersebut, ada dua poin utama yang harus dipenuhi.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Pertama, tenaganya harus lebih besar dan yang kedua bobotnya lebih ringan dari RC F standar. Poin pertama, berhasil dipenuhi dengan penggunaan mesin 2JZ 3.000 cc straight-six dari Toyota Supra A80.

Mesin 2JZ

Mesin yang dilengkapi turbocharger tunggal Garrett GTX3584 tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 1.200 hp dan torsi 1.464 Nm.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Tenaga yang dihasilkan, lantas disalurkan ke roda belakang melalui gearbox sekuensial empat percepatan Samsonas dengan kopling kompetisi dual clucth.

Guna menghasilkan tenaga yang sangat besar itu, tim teknisi juga menyematkan katup valvetrain GSC Power Division.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Selain itu, dipasang sistem bahan bakar tiga pompa dari Radium Engineering, dry sump Titan Motorsport, dan kit Nitrous Express 200 hp untuk membantu kinerja turbo.

Sementara poin kedua, terwujud berkat penggunaan panel bodi yang terbuat dari karbon kevlar, termasuk kit aero Rocket Bunny.

Bobot menjadi lebih ringan

Alhasil, bobotnya pun turun hingga 500 kg lebih ringan dari RC F standar. Saat ini, RCF Carbon Kevlar memiliki bobot 1.250 kg.

Mendukung kemampuannya sebagai mobil drift andal, Al-Futtaim Lexus juga memberikan diferensial Winters, yang memungkinkan perubahan rasio trackside dengan cepat. Untuk suspensi, menggunakan coilovers BC Racing 3 way untuk penyesuaian rebound dan kompresi.

Tampilannya juga makin sporty, berkat penggunaan velg RAYS 57CR ukuran 18 inci di depan dan ukuran 19 inci di belakang. Velg tersebut lantas dibalut ban Toyo Proxes R888R.

"Saya sangat berterima kasih atas dukungan yang telah diberikan tim kepada saya saat saya membangun RC F Carbon Kevlar untuk musim yang akan datang. Mobil ini sangat menyenangkan untuk dikendarai dan saya tidak sabar untuk memaksanya hingga batas kemampuannya," kata Daham. (EPS)

https://youtu.be/BBTpLoaxmp4

Tags :