Di Balik Baju Jingga Juri USACI Indonesia Dalam Kompetisi Audio Mobil

  • Oleh :

Selasa, 01/Sep/2020 20:00 WIB


SoundandMachine (Jakarta), 29 Agustus 2020 - Dalam kompetisi audio mobil di MGK Kemayoran pada tanggal 29 Agustus 2020 terdapat sejumlah orang berbaju jingga.

Orang dengan baju jingga tersebut merupakan dewan juri dari United States AutoSound Competition International atau USACI merupakan organisasi kompetisi audio mobil yang berasal dari Amerika Serikat namun region Indonesia.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Didirikan pada tahun 1986, awalnya organisasi tersebut bernama United States AutoSound Competition (USAC), namun perlahan menyebar hingga menarik penggemar audio otomotif di seluruh negeri hingga membuat mengganti nama dari USAC menjadi USACI pada tahun 1990-an.

Pada tahun 2017, USACI Indonesia didirikan dengan David Karjadi selaku Director dan motif berdirinya USACI di Indonesia antara lain,

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

"Supaya asosiasi di Indonesia komplit aja jadi semua asosiasi ya memang ada di Indonesia." ujar David.

USACI sudah menggelar beberapa kontes di Indonesia dan itupun bukan hanya di Jakarta, seperti Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Bali, Pontianak, Palembang, dan sebagainya.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Selain itu USACI juga sudah memiliki tiga region yaitu Barat (Medan, Jambi, Lampung dan Palembang), Tengah (Jakarta, Tangerang dan Bandung), dan Timur (Surabaya, Solo dan Bali).

Seperti organisasi audio lainnya, agar dapat bertanding di kelas lebih tinggi seperti nasional, peserta wajib menjadi regional champion, namun perbedaannya adalah regulasi dan alat ketika melakukan penilaian.

"Perbedaannya di rule sama software-nya, secara umumnya sama karena ini kan soal quality." ungkap David, "Standar sama, soalnya kan sama-sama standar internasional." tambahnya.

Meski berstatus sebagai organisasi, USACI tidak menutup diri untuk berkolaborasi, salah satunya ketika berkolaborasi dengan Car Audio Network (CAN) dalam pengadaan kompetisi audio mobil car audio movement.

Sebelum acara kompetisi audio mobil yang diadakan pada tanggal 29 Agustus 2020 di MGK dimulai, USACI pernah berkolaborasi dengan CAN untuk mengadakan kompetisi audio mobil dan acara 29 Agustus 2020 tersebut merupakan lanjutan kolaborasi.

Seperti yang sudah menjadi standar asosiasi audio, tentunya USACI juga memiliki pelatihan juri dan setidaknya sudah ada sekitar 45 anggota USACI.

Sukses terus USACI. (Joule)

Tags :