Kompetisi Balap di Rumah, Bakal Digelar Sebanyak 5 Putaran

  • Oleh :

Selasa, 22/Sep/2020 15:53 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Penyebaran virus Covid-19 yang belum mereda di sejumlah negara termasuk Indonesia, memaksa kompetisi balap mobil yang sedianya dilakukan di sirkuit harus dihentikan sementara.

Efeknya, para pembalap mulai beralih mengikuti berbagai kompetisi balapan simulator (Simulator Racing). Salah satu kompetisi yang akan digelar dalam waktu dekat ini, adalah "Balap di Rumah" (BDR).

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan tersebut dengan meluncurkan BMW Z4 GT3 sebagai official car Kejuaraan BDR: Race Against Pandemic.

"Sebagai perusahaan teknologi kendaraan premium dengan DNA motorsport yang kuat, BMW juga memiliki perhatian khusus pada perkembangan Sim Racing. Di tingkat global, selain hadir di DTM & Formula-E, Sim Racing merupakan salah satu pilar penting dari BMW Motorsport," ujar Ramesh.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Ia menambahkan, keikutsertaan BMW dalam balapan simulator ini dinilai sebagai langkah untuk turut mendukung momentum Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka menekan pertumbuhan kasus Covid-19 di Indonesia.

"Pandemi Covid-19 telah menghentikan serangkaian agenda Motorsport di seluruh dunia, namun di sisi lain, pandemi ini telah memacu perkembangan eSports," tambah Rizal Sungkar, Organizing Committee (OC) Balap di Rumah.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Sebagai informasi, sejak 26 Agustus 2020, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui eSports sebagai sebuah cabang olahraga prestasi di Indonesia.

"Untuk itu kami yakin kejuaraan balap simulator ini menjadi sangat penting bagi pembalap professional yang kehilangan agenda Motorsport dan juga bagi Sim Racer yang dapat merasakan langsung dunia balap dengan tingkat kompetisi yang lebih tinggi," pungkas Rizal.

Kejuaraan BDR: Race Against Pandemic akan dilakukan sebanyak 5 putaran plus satu kali test race pada 23 September di sirkuit virtual Red Bull Ring, Austria. Putaran pertama akan digelar pada Sabtu, 26 September di sirkuit Nrburgring Nordschleife, Jerman.

Selanjutnya, putaran kedua pada Sabtu, 3 Oktober di sirkuit Spa Francorchamps, Belgia, putaran ketiga pada Sabtu, 10 Oktober di sirkuit Mugello, Italia, putaran keempat pada Sabtu, 17 Oktober di sirkuit Silverstone, Inggris, dan seri penutup akan dilaksanakan di sirkuit Imola, Italia pada Sabtu, 24 Oktober. (EPS)

Tags :