Peugeot Sport Engineered Berhasil Ciptakan 508 PSE dengan Tenaga Besar

  • Oleh :

Senin, 28/Sep/2020 12:15 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Beberapa pabrikan otomotif khususnya yang berasal dari daratan Eropa, diketahui memiliki divisi tersendiri untuk melakukan pengembangan mobil berperforma tinggi.

Bila Mercedes-Benz memiliki AMG, dan BMW Memiliki M, Peugeot ternyata juga memiliki divisi pengembangan bernama Peugeot Sport Engineered (PSE). Nama PSE boleh terbilang cukup baru, meski begitu hasil karyanya patut diperhitungkan.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Kali ini, PSA berhasil menggarap Peugeot 508. Mobil dengan label Peugeot 508 PSE ini dibekali sumber tenaga berteknologi hybrid, yakni perpaduan antara mesin 1.600 cc turbo 4 silinder dengan dua buah motor elektrik.

Menariknya, motor elektrik tersebut disematkan pada bagian depan dan belakang mobil. Penggunaan mesin hybrid tersebut, membuat 508 PSE memiliki modal tenaga hingga 360 hp dan torsi 520 Nm.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Berbekal tenaga dan torsi yang cukup besar, Peugeot 508 PSE yang memiliki sistem penggerak empat roda itu sanggup melakukan akselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,2 detik.

Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih untuk menginjak pedal gas lebih dalam, mobil buatan Mulhouse, Perancis tersebut sanggup melaju hingga kecepatan maksimal yang dibatasi secara elektronik di angka 250 km/jam.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

"Sensasi berkendara merupakan DNA Peugeot. Untuk itu, berbagai penyesuaian 508 versi performa tinggi ini dimodifikasi sedemikian rupa agar tetap nyaman namun tetap berperforma tinggi," tulis juru bicara (Jubir) Peugeot dalam keterangannya, Sabtu (26/09).

Pertama, Peugeot mengoptimalkan kekuatan shockbreaker dengan 3 mode pada mobil yang diproduksi dalam jenis sedan dan stasion wagon tersebut, yakni Comfort, Hybrid dan Sport untuk menghadirkan pilihan sensasi berkendara sesuai kebutuhan pengemudi.

Selain itu, pabrikan berlogo Singa tersebut juga merendahkan dan melebarkan posisi kursi, menggunakan cakram rem berdiameter 380 mm serta velg 20 inchi dengan ban performa tinggi.

"Dengan label ini (PES), Peugeot juga mengumumkan kembalinya dalam perlombaan kelas dunia yang menantang, World Endurance Championship (WEC) pada Le Mans Hypercar (LMH) mulai tahun 2022 mendatang," pungkas sang Jubir. (EPS)

Tags :