Ulangi Sejarah, Empat Mobil Honda Berhasil Meraih Poin pada F1 GP Rusia 2020

  • Oleh :

Selasa, 29/Sep/2020 11:05 WIB


SoundandMachine.com (Rusia) - Seri balap F1 Grand Prix Rusia yang berlangsung pada Minggu, 27 September 2020, menyuguhkan perlombaan yang menarik dan mendebarkan.

Dalam balapan tersebut, empat mobil Honda berhasil meraih poin dan Max Verstappen berhasil meraih finis kedua.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Podium kedua yang diraih oleh Max, sekaligus menandai podium ke-20 bagi Honda di era balapan jet darat bertenaga hybrid saat ini.

Balapan tersebut juga mencetak sejarah baru, dimana sejak Grand Prix Monaco 2019, baru kali ini keempat mobil Honda berhasil meraih poin.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

"Hari ini adalah hari yang baik untuk Honda, dengan empat mobil kami mendapatkan poin untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Monaco tahun lalu," ujar Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 seusai perlombaan.

Lebih lanjut ia mengatakan, meskipun pada saat start Max melakukan permulaan yang kurang baik dan sempat turun ke posisi keempat pada lap pertama, tetapi ia berhasil kembali ke posisi ketiga sebelum Safety Car keluar.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Lalu, Max berhasil naik ke posisi kedua di belakang Valtteri Bottas. Max terus mempertahankan posisi keduanya hingga garis finis dan mencatatkan podium pertama Red Bull di Grand Prix Rusia.

Sementara Alex Albon, rekan setim Max harus memulai balapan dari urutan ke-15 karena mendapatkan penalti gearbox sehingga harus bekerja lebih keras dan memilih pit ban keras setelah sebelumnya menggunakan ban lunak.

Sedangkan Daniil Kvyat yang memulai dengan sangat baik dan mampu berlari jauh di putaran pertama. Meski sempat berada di urutan ketiga masuk pit, Daniil kemudian berada di urutan ke-8 setelah pit stop.

Sementara itu Pierre Gasly memutuskan untuk melakukan dua kali pitstop dimana AlphaTauri mencoba memanfaatkan periode Virtual Safety Car untuk beralih ke set ban medium yang baru dengan 11 putaran tersisa.

Berbekal set ban baru tersebut, Pierre kemudian berhasil mendahului Alex Albon dan Lando Norris ke posisi kesembilan hingga finis tepat di belakang rekan satu timnya.

"Hal ini sangat memuaskan terlebih karena sebelumnya kami mengalami beberapa kendala dalam beberapa balapan terakhir. Max juga memberikan performa bagus untuk membelah Mercedes dan finis di posisi kedua," tutur Toyoharu.

Hingga saat ini, Aston Martin Red Bull Racing memperoleh 192 poin dan berada di urutan ke-2 pada klasemen konstruktor. Sedangkan Scuderia AlphaTauri masih berada di posisi ke-7 dengan perolehan 59 poin. (EPS)

Tags :