Hyundai Rilis RM20e, Prototipe Mobil Listrik Bertenaga Dahsyat

  • Oleh :

Senin, 05/Okt/2020 17:29 WIB


SoundandMachine.com (Seoul) - Perkembangan kendaraan berteknologi elektrik, saat ini sudah tak terbendung. Hampir semua pabrikan, telah mengeluarkan produk mobil listrik untuk penggunaan sehari-hari di jalan raya, hingga arena balap.

Salah satunya adalah produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai. Baru-baru ini, Hyundai dikabarkan telah meluncurkan RM20e, sebuah prototipe mobil listrik, yang memiliki performa dahsyat.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Thomas Schemera, Executive Vice President and Head of Product Hyundai Motor Group mengatakan, mobil berbasis Veloster N ini dikembangkan oleh Hyundai melalui kerjasama dengan
Rimac Automobili.

"Prototipe sepenuhnya yang didasarkan pada tata letak powertrain RM (Racing Midship), sedangkan huruf `e` dalam penamaan RM20e menunjukkan penggerak listrik," ungkap thomas.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Ia menambahkan, RM20e menggunakan motor listrik yang dipasang di bagian tengah belakang dan digunakan untuk menggerakkan roda belakang.

Menariknya, motor listrik tunggal yang dipasang di RM20e disebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 810 hp dan torsi 960 Nm.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Memiliki tenaga dan torsi yang sangat besar, membuat RM20e mampu berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari tiga detik.

Sedangkan akselerasi dari 0-200 km/jam dapat diraih dalam waktu 9,88 detik saja. Bila pengemudi masih memiliki nyali lebih untuk menginjak pedal gas lebih dalam, RM20e mampu menembus kecepatan tertinggi lebih dari 250 km / jam.

Sebagai sumber daya listrik, RM20e dibekali baterai berkapasitas 60 kWh, 800 V dengan kemampuan pengisian cepat dan teknologi modul baterai yang dibanjiri cairan, untuk menghilangkan panas.

Karena menggunakan basis Veloster N, RM20e memiliki panjang 4.319 mm, lebar 1.945 mm, dan tinggi 1.354 mm dengan jarak sumbu roda 2.672 mm.

Bagian subframe depan menggunakan material aluminium sedangkan subframe belakang menggunakan tabung dan pelat baja.

Membuatnya makin menarik, RM20e hadir dengan velg aluminium berukuran 19 inci lebar 10 inci di depan dan ukuran 20 inci lebar 11 inci di belakang. Velg tersebut dibalut ban berukuran 265/35R19 dan 305/30R20.

"Mobil tersebut menggabungkan tingkat kinerja, keseimbangan, pengereman, dan cengkeraman seperti mobil balap sambil mempertahankan ketenangan, daya tanggap, dan kemampuan berkendara harian bagi pengemudi," pungkas Thomas. (EPS)

Tags :