Sangar! Lexus Hadirkan Konsep J201 untuk Taklukkan Medan Berat

  • Oleh :

Jum'at, 09/Okt/2020 13:09 WIB


Soundandmachine.com (Amerika Serikat) - Meski terlahir dengan mesin berkapasitas besar, namun banyak yang merasa performa SUV mewah Lexus LX 570, belum memenuhi kebutuhan untuk melintasi medan lintas negara yang sangat bervariasi dan berat.

Menjawab kebutuhan tersebut, Lexus akhirnya menghadirkan konsep J201 untuk konsumennya yang menginginkan mobil petualang tangguh.

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Dalam mengembangkan SUV tersebut, Lexus melibatkan Expedition Overland untuk merombak tampilan standar LX 570.

"Konsep J201 menambahkan kemampuan off-road di atas LX 570 standar. Komponen yang diubah dimulai dengan bumper depan CBI, winch Warn Industries Zeon 10-S dan lampu Rigid Industries RDS SR-Series Pro light bar yang terletak di dalam bumper depan," terang Lexus.

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

Tampilan J201 makin sangar dan seakan siap dibawa kemana saja, berkat penggunaan satu set roda Evo Corse DakarZero berukuran 8 inci x 17 inci, yang dipasang dengan ban General Grabber X3 berukuran 285/70R17.

Agar ground clearancenya lebih tinggi, Lexus telah melakukan penyesuaian pada sensor sistem suspensi. Hasilnya, SUV tersebut kini menawarkan jarak ketinggian 50,8 mm di depan dan 25,4 mm di belakang dalam mode normal, hingga 121,9 mm di depan dan 104,1 mm di belakang dalam mode Hi Ekstra.

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Sementara di bagian belakang J201, mendapat satu set bumper off-road CBI, yang terdiri dari tangga belakang, dudukan ban serep, dan pengaturan pencahayaan Baja Designs S2 Sport. Tak lupa, Lexus juga menyediakan derijen air berkepasitas 18,9 liter.

Melindunan bagian bawah, khususnya tangki bahan bakar dan transfer case dari benturan batu selama melakukan perjalanan lintas negara, J201 dilengkapi dengan CBI rock sliders dan skid plates.

Sebagai sumber tenaga, mesin bawaan LX 570 sebenarnya sudah memiliki tenaga dan torsi yang lebih dari cukup. Namun, Lexus memberikan supercharger buatan magnusson untuk mesin V8 5.700 cc tersebut.

Hasilnya, J201 memiliki tenaga yang sangat melonjak hingga 550 hp dari standar 362 hp, dan torsi 745 Nm dari standarnya di angka 530 Nm. Tenaga tersebut, lantas disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis delapan percepatan dengan diferensial ARB Air Locker.

Rencananya, konsep Lexus J201 akan melakukan debut langsungnya di Rebelle Rally 2020 pada 8 Oktober mendatang dan dikemudikan oleh Rally Rachelle Croft dan Taylor Pawley.

Dalam ajang tersebut, J201 akan dibawa melintasi medan sejauh 2.000 km selama tujuh hari di California dan Nevada. (EPS)

Tags :