Memberi Aura Segar, Mitsubishi Memperkenalkan Eclipse Cross Terbaru

  • Oleh :

Jum'at, 16/Okt/2020 10:00 WIB


SoundandMachine (Tokyo, Jepang), 15 Oktober 2020 - Mitsubishi Motor Corporation telah resmi memperkenalkan SUV kompak terbarunya yaitu Mitsubishi Eclipse Cross dengan sejumlah update.

Update tersebut membuat Eclipse Cross memberi aura segar karena styling dan juga teknologi canggih pertama di kelasnya yaitu Plug-in Hybrid Vehicle (PHEV).

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

"Sejak kami mulai memikirkan kembali Eclipse Cross baru, kami ingin menunjukkan performa di jalan yang ditingkatkan dan ramah lingkungan, semua dengan gaya yang menonjol akan membawa SUV ini ke level berikutnya," kata Minoru Uehara, Chief Product Specialist Mitsubishi.

Exterior Eclipse Cross didesain ulang untuk meningkatkan gaya secara signifikan dan menghasilkan tampilan SUV yang ramping serta sporty.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Belum pernah ada kendaraan Mitsubishi yang desainnya begitu maju seperti ini, dan oleh karena itu Eclipse Cross menghadirkan kecanggihan ke level berikutnya sehingga terlihat ramping, stabil, mewah, dan unik.

(foto: Mitsubishi)

Bagian depan mengadopsi versi evolusi dari konsep desain Dynamic Shield khas Mitsubishi, yang mengekspresikan kekuatan dan keamanan. Front bumper guard baru dan tata letak lampu yang disegarkan melengkapi desain depan dengan tampilan berani dan dinamis.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

(foto: Mitsubishi)

Siluet ramping berlanjut ke bagian belakang dengan palka dan jendela belakang yang didesain ulang, memberikan gaya SUV yang lebih canggih dan menghasilkan visibilitas belakang lebih baik serta gaya khas dan kontemporer.

(foto: Mitsubishi)

Lampu belakang tiga dimensi yang ikonik dari Eclipse Cross memanjang ke atas dan ke dalam, dan menyempurnakan tampilan dengan tampilan stabil dan lebar.

Pintu belakang baru menampilkan desain segi enam terpahat tajam yang mengingatkan pada bentuk ban serep yang dipasang di belakang ikon perusahaan, memadukan gaya ramping dan elegan dengan ketangguhan dan ekspektasi keandalan SUV.

(foto: Mitsubishi)

Interiornya memakai warna hitam dengan aksen perak dan jok kulit abu-abu muda menciptakan tampilan yang lebih berkelas.

Trim pintu juga berkoordinasi dengan warna jok mobil untuk menampilkan ruang interior yang sporty dan berkualitas tinggi.

Dengan interior seperti ini membuat Eclipse Cross selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan nyaman untuk menghabiskan waktu, dan perubahan baru mengantarkannya ke kelas lebih atas.

https://www.youtube.com/watch?v=qPUK-65dkX0&feature=emb_title

Sistem audio display link-smartphone (SDA) 8 inci yang baru hadir sebagai standar, memberikan pengemudi pandangan informasi lebih baik dan pengoperasian lebih mudah.

Layar telah dipindahkan lebih dekat ke pengemudi dan penumpang di kursi depan untuk kemudahan penggunaan, dan sekarang dilengkapi tombol volume dan pemutar agar dapat mendapatkan akses lebih cepat.

Panel sentuh yang sebelumnya digunakan untuk beberapa fungsi ditiadakan agar memungkinkan lebih banyak ruang penyimpanan di konsol tengah.

Penambahan powertrain PHEV terbaru mengoptimalkan efisiensi energi dan menawarkan pengalaman berkendara yang mulus.

Berkaca dari kesuksesan Outlander PHEV sebagai kendaraan plug-in hybrid terlaris di dunia, Eclipse Cross baru menggunakan sistem PHEV 4WD motor ganda yang sama namun dengan modifikasi khusus pada ukuran dan berat sasis Eclipse Cross.

Sistem PHEV terdiri dari satu motor listrik berdaya tinggi di depan dan satu belakang, baterai penggerak berkapasitas besar, dan mesin MIVEC 2.400 cc dengan gearbox planetary percepatan tunggal, memungkinkan akselerasi cepat, senyap, namun bertenaga.

Untuk varian PHEV, sistem secara otomatis memilih dari tiga mode berkendara yang sesuai dengan berbagai kondisi EV, hybrid seri, atau hybrid paralel.

Baterai juga dapat digunakan sebagai sumber listrik yang andal untuk bersantai di luar ruangan atau dalam keadaan darurat karena dapat memasok daya hingga 1.500 watt dari stopkontak terpasang.

Ketika baterai telah terisi penuh begitu juga bensinnya, kendaraan tersebut dapat memasok listrik untuk rumah tangga hingga 10 hari melalui sistem Vehicle-to-Home.

Seperti model sebelumnya, Eclipse Cross tetap tersedia mesin empat silinder 1.5 liter MIVEC direct-injection turbocharged.

Turbo berdimensi kompak bekerja mengurangi konsumsi bahan bakar sekaligus meminimalkan turbo lag agar rasa dan performa terpusat pada pengemudi, sementara kombinasi direct fuel injection dan kerja turbo menghasilkan efisiensi lebih besar di semua jalan dan putaran mesin.

Mesin turbo tersebut disalurkan olehsports mode Continuously Variable Transmission (CVT) delapan percepatan sehingga Eclipse Cross mampu mengoptimalkan dinamika berkendara sekaligus mencapai konsumsi bahan bakar yang rendah.

https://www.youtube.com/watch?v=QwpGGegvsEw&feature=emb_title

Untuk varian AWD, sistem S-AWC memberikan pengendalian stabil dan kontrol presisi sehingga menghasilkan kepercayaan diri pengemudi untuk menaklukkan kondisi jalan raya dengan mudah.

Per di suspensi MacPherson strut depan dan suspensi multi-link di belakang telah disetel dengan baik. Bersama dengan peredam suspensi belakang yang diperbesar, Eclipse Cross memberikan performa S-AWC dan sangat meningkatkan kemampuan bermanuver.

"Selain eksterior kontemporer dan interior yang nyaman dan cerdas, sistem Super All Wheel Control (S-AWC) Mitsubishi Motors yang legendaris memastikan bahwa pengemudi selalu memegang kendali untuk petualangan mereka berikutnya." kata Uehara.

Untuk harga masih belum diketahui dan Eclipse Cross PHEV akan dirilis di Jepang mulai Desember 2020.

Tapi ini kayak Xpander versi lebih mewah gak sih? (Joule)

Tags :