Perjalanan 25 Tahun Honda CR-V, Kini Hadir dengan Teknolgi Hybrid

  • Oleh :

Sabtu, 17/Okt/2020 09:45 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Honda CR-V dikenal sebagai salah satu produk Sport Utility Vehicle (SUV) buatan Honda yang cukup digemari di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Tepat di tahun 2020 ini, Honda merayakan 25 tahun eksistensi dari mobil pesaing Nissan X-trail tersebut. CR-V sendiri adalah kepanjangan dari Comfortable Runabout Vehicle yang berarti kendaraan yang praktis dan juga nyaman.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Selana seperempat abad, Honda CR-V masih tetap eksis dan telah mengalami beragam perubahan serta penyempurnaan pada setiap generasinya, hingga penggunaan mesin hybrid yang baru saja diperkenalkan di Cina tahun ini.

Perjalanannya dimulai sejak generasi pertama dari CR-V di tahun 1995, yang didesain oleh Hiroyuki Kawase dan diluncurkan secara eksklusif di dealer Honda Verno yang berlokasi di Jepang pada 1995.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Setahun kemudian, Honda CR-V meluncur di ajang Chicago Auto Show 1996 sampai akhirnya diproduksi massal pada Februari 1997 di Amerika Serikat. Saat pertama kali meluncur, Honda CR-V hanya memiliki satu varian yakni tipe LX yang didukung mesin berkapasitas 2.000 cc.

Lalu, generasi kedua dari Honda CR-V diperkenalkan pada tahun 2001 dengan mengusung berbagai perubahan, namun tetap mempertahankan efisiensi bahan bakar dari model sebelumnya, berkat dukungan mesin Honda i-VTEC.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Selanjutnya, Honda CR-V generasi ketiga mulai dijual di pasar Amerika pada September 2006. Pada generasi ketiga ini sudah didukung oleh mesin berkapasitas 2.400 cc dengan tenaga 166 hp dan torsi 218 Nm. Untuk pertama kalinya, CR-V juga memiliki varian mesin diesel yang kemudian dijual di pasar Eropa.

Pada tahun 2011, generasi keempat dari Honda CR-V ditampilkan sebagai mobil konsep dalam gelaran Orange County International Auto Show.

Masih didukung dengan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, tetapi CR-V generasi empat ini memiliki tenaga yang lebih besar hingga 185 hp.

Honda CR-V generasi kelima, mulai diluncurkan pada tahun 2016 dan untuk pertama kalinya tampil dengan kapasitas 7 penumpang. CR-V gen 5 ini dilengkapi mesin 2.400cc Earth Dreams Technology yang melahirkan tenaga sebesar 184 hp.

Terdapat pula varian mesin lainnya yakni VTEC Turbo 1.500cc dengan tenaga 190 hp. Lalu pada Beijing International Automotive Exhibition 2020, Honda menampilkan Honda CR-V PHEV yang dilengkapi dengan sistem Hybrid Plug-in.

SUV tersebut hadir dengan menggunakan mesin Hybrid asli Honda yaitu Sporty Hybrid i-MMD. Honda CR-V PHEV, direncanakan untuk dijual di pasar otomotif Cina pada Januari 2021.

Sementara di indonesia, hingga saat ini penjualan Honda CR-V di Indonesia telah mencapai 217.099 unit sejak pertama kali diluncurkan pada September tahun 2000. (EPS)

Tags :