Lotus Evija, Hypercar Listrik Bertenaga 2.000 HP Tampil di Goodwood SpeedWeek

  • Oleh :

Senin, 19/Okt/2020 17:01 WIB


Soundandmachine.com (Inggris) - Produsen mobil legendaris, Lotus, baru saja menampilkan hypercar listrik Evija, dalam acara Goodwood SpeedWeek yang berlangsung pada 16 hingga 18 Oktober 2020.

Saat melakukan debutnya di Goodwood Motor Circuit, Inggris, Lotus menurunkan tiga unit Evija pra produksi. Satu unit tampil dengan finishing Solaris Yellow dan dua lagi hadir dalam balutan warna hitam dengan aksen emas.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

"Ini terjadi menjelang pengiriman ke pelanggan, yang seharusnya dilakukan pada akhir tahun ini, tetapi mundur setidaknya lima bulan karena penundaan produksi yang disebabkan oleh pandemi virus corona," ujar Phil Popham, CEO Lotus.

Kabar baiknya, meski mengalami penundaan produksi, namun kesempatan ini malah digunakan oleh Lotus, untuk semakin menyempurnakan performa Evija.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Phil mengatakan, para insinyur menemukan cara untuk meningkatkan tenaga dengan keuntungan aerodinamis yang juga bisa didapat.

Saat ini, empat motor listrik yang menggerakkan Evija, diperkirakan dapat menghasilkan tenaga gabungan setara 2.000 HP dan torsi 1.700 Nm. Setiap motor penggerak, disambung ke dalam gearbox helical gear ground planetary single-speed.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Motor listrik tersebut, mengambil daya dari baterai lithium-ion 70 kWh yang dipasang di bagian tengah Evija. Memiliki tenaga yang sangat besar, membuat hypercar tersebut mampu berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam di bawah tiga detik.

Bila pedal akselerator diinjak lebih dalam, mobil dengan desain eksotis tersebut dalam berlari hingga 300 km/jam dalam waktu kurang dari sembilan detik. Sebuah angka yang cukup menakjubkan tentunya, apalagi bila tenaga Evija berhasil ditingkatkan.

Rencananya, Lotus hanya akan memproduksi Evija sebanyak 130 unit saja untuk seluruh dunia. Hingga Agustus 2020, pabrikan yang sempat terkenal lewat film James Bond itu mengungkap, setidaknya ada 70 unit yang telah dipesan.

Phil menambahkan, pihaknya senang dapat mendemonstrasikan kekuatan Evija di ajang Goodwood SpeedWeek. Sebelumnya, mobil seharga 1,7 juta atau senilai Rp 32 miliar tersebut, juga telah dilakukan uji coba di fasilitas tes milik Lotus dengan berbagai kondisi jalan.

"Goodwood adalah sirkuit yang cepat dan mengalir dengan banyak gelombang di permukaan, dan begitu pula tes dan demonstrasi yang fantastis untuk Evija karena ini adalah jenis lingkungan di mana banyak pemilik akan menggunakan mobil," pungkas Phil. (EPS)

Tags :