Menarik Dikunjungi, Museum Peugeot Tampilkan Berbagai Koleksi Langka

  • Oleh :

Rabu, 21/Okt/2020 08:53 WIB


Soundandmachine.com (Perancis) - Dunia otomotif rasanya susah dilepas dari merek Peugeot. Bagaimana tidak, pabrikan berlogo Singa tersebut sudah mulai membuat mobil lebih dari satu abad lalu.

Perjalannya yang terbilang sangat panjang dan menarik, apalagi kerap menghadirkan produk dengan desain ikonik, membuat Peugeot akhirnya membuat sebuah museum di Sochaux, Perancis, kota kelahirannya.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

"Museum Perjalanan Peugeot (Muse de l`Aventure Peugeot) merupakan museum berisikan sejarah perjalanan brand Peugeot dalam menjalani bisnis otomotif," tulis juru bicara Peugeot dalam keterangan resminya, Selasa (20/10).

Museum tersebut didirikan salah satu anggota keluarga Armand Peugeot, dan berisi informasi perkembangan industri otomotif dari masa-masa awal era otomotif hadir di dunia.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Tahun 1982, Pierre Peugeot yang merupakan presiden dari Peugeot Automobile membentuk tim LAventure Peugeot. Tim tersebut secara objektif mengumpulkan seluruh barang-barang yang merepresentasikan Peugeot selama hampir 2 abad.

Mobil-mobil klasik menjadi pusat dari koleksinya, ditambah berbagai produk yang pernah diproduksi Peugeot. Akhirnya tahun 1984, salah satu bagian dari situs industri Peugeot diubah menjadi museum yang mengoleksi berbagai harta sejarah Peugeot.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Kemudian museum ini dibuka untuk umum pada tahun 1988 dan terus dikembangan hingga kini. Menariknya, museum ini juga memiliki ruangan arsip yang di dalamnya masih lengkap terdapat berbagai blueprint dari kendaraan Peugeot, termasuk model pertama yang diproduksi tahun 1891.

Dalam museum seluas 10.000m 2 tersebut, pada area terbuka untuk umum terpajang 130 unit mobil klasik Peugeot, dimana sejatinya mereka memiliki lebih dari 450 unit mobil koleksi.

Tidak hanya itu, 130 sepeda dan sepeda motor juga turut dipajang dari total koleksi lebih dari 300 unit. Untuk ruangan pengarsipan seluruh sejarah dan dokumen Peugeot sendiri terbentang sebesar 5 kilometer persegi.

"Museum ini menjadi catatan sejarah kehadiran dan peran Peugeot pada perkembangan era industri otomotif dari masa ke masa. Jadi, jika Anda travelling ke Prancis, jangan sampai melewatkan kunjungan ke museum Muse de l`Aventure Peugeot di Sochaux," pungkas sang Jubir. Menarik nih! (EPS)

Tags :