135 Unit, Pemesanan Lexus Listrik Pertama UX300e Sudah Dibuka Untuk Pasar Jepang

  • Oleh :

Kamis, 22/Okt/2020 19:00 WIB


SoundandMachine (Jepang), 22 Oktober 2020 - Lexus telah membuka pesanan untuk mobil listrik (EV) pertamanya yaitu Lexus UX300e.

Namun untuk tahun 2020, Lexus hanya membatasi unitnya sebanyak 135 unit dan pembelian dengan sistem undi, yang artinya selain punya uang untuk membelinya, juga harus beruntung mendapatkan haknya.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

"UX300e adalah model yang akan menjadi pembuka pintu untuk visi elektrifikasi Lexus Electrified." buka Tsuyoshi Watanabe, Lexus International Chief Engineer.

UX300e telah dikembangkan untuk memanfaatkan potensi EV dan menyempurnakan nilai fundamental mobil, yakni dengan mengejar pengendaraan berkualitas tinggi dan ketenangan luar biasa namun dengan tetap mempertahankan desain eksterior-interior uniknya.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

(foto: Lexus)

Platform GA-C telah dikembangkan dengan menambah brace ke girboks setir, kedua sisi girboks telah dipasang ke bodi untuk meningkatkan kekakuan, dan gaya redaman sokbreker.

Kekakuan bodi yang seimbang dari seluruh kendaraan mewujudkan pengendaraan linier dan berkualitas tinggi dan juga memiliki perasaan kemudi dan ketenangan khas Lexus, sehingga membuat berkendara lebih dapat dinikmati.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

(foto: Lexus)

Penguatan bumper aluminium berpenampang besar dan performa damper yang disetel secara khusus untuk bagian belakang.

(foto: Lexus)

Selain itu, kekakuan titik pengikat pada bagian depan telah dengan menghubungkan side member dengan cross memberdan menambahkan penjepit ke girboks setir.

(foto: Lexus)

Semua bagian berat seperti penguat sasis dan baterai ditempatkan di bagian tengah kendaraan agar dapat mengoptimalkan distribusi bobot depan-belakang dan momen inersia tanpa membiaskan benda berat seperti mesin ke depan kendaraan.

Penempatan seperti ini menurunkan pusat gravitasi dari posisi pusat gravitasi kendaraan mendekati titik pinggul pengemudi sehingga mencapai performa menikung sangat baik dan menumbuhkan rasa persatuan antara mobil dan pengemudi.

(foto: Lexus)

UX300e memakai baterai Lithium Ion berkapasitas 54.4kWh yang memaksimalkan efisiensi seperti motor, inverter, dan transmisi, hingga membuatnya memiliki daya jelajah 367 km.

Baterai dilengkapi dengan fungsi kontrol suhu sehingga dapat beroperasi secara normal, baik suhu rendah ataupun tinggi, dan memiliki keandalan tinggi dicapai dengan sistem pencegahan overcharging.

(foto: Lexus)

Waktu pengisian juga tergolong singkat dengan fast charging DC 50 kW dengan suplai 125 A, pengisia baterai 0-100% dapat terisi dalam waktu 80 menit, sedangkan apabila memakai normal charging 3kW dengan suplai 16 A / 200 V, baterai terisi 0-100% dalam waktu 14 jam.

Ketika baterai sedang diisi, pengguna dapat menggunakan komponen listrik di mobil seperti AC dan audio dengan power supply eksternal.

Baterai tersebut dipasang pada girder-shaped steel underframe untuk mengurangi benturan dari permukaan jalan, dan dipasang ke lantai untuk meningkatkan kekakuan seluruh kabin.

Di sekitar baterai juga terdapat fungsi dinding isolasi suara, dan kaca akustik digunakan untuk pintu depan sehingga suara dari luar seperti angin atau kerikil bisa dikurangi.

(foto: Lexus)

Motor listrik UX300e bertenaga 203 PS dan 300 Nm. Ketika berakselerasi, Acceleration Pitch Control menekan vehicle pitch behavior berlebihan diadopsi untuk mewujudkan perasaan akselerasi yang halus dan responsif.

Gaya pengereman dari motor regenerative brake dan rem hidrolik dikoordinasikan dengan cara yang seimbang untuk mencapai rasa rem yang sangat aman tanpa perubahan postur berlebihan.

(foto: Lexus)

Meski EV, UX300h dilengkapi paddle shift untuk mengontrol deselerasi seperti rem mesin mobil bensin, mencapai pengoperasian alami sambil memanfaatkan karakteristik EV dengan sebaik-baiknya.

Pengendaraan berkualitas tinggi dan ketenangan yang unik pada EV Lexus, fungsionalitas dan kenyamanan tinggi, dan teknologi elektrifikasi yang dikembangkan di mobil hybrid menjadi tiga poin atas keandalan tinggi UX300e.

"Seiring dengan evolusi teknologi, kami akan bekerja untuk menciptakan mobil menarik yang unik untuk LEXUS dan mengembangkan merek lebih lanjut." tutup Watanabe.

Indonesia kebagian gak ya? (Joule)

Tags :