Suspensi Coilover Air Cup, Lebih Andal Menghadapi Ragam Kondisi Jalan

  • Oleh :

Kamis, 22/Okt/2020 21:00 WIB


SoundandMachine (Jakarta), 22 Oktober 2020 - Ground clearance menjadi salah satu persoalan dalam memodifikasi, terutama untuk aliran ceper, karena kondisi jalan yang harus dihadapi.

Di perkotaan saja kondisi jalan seperti polisi tidur, jalan rusak, bidang miring di parkiran, bahkan banjir, karena akhir-akhir ini sudah mendekati musim hujan, merupakan yang harus dihadapi dan itu bisa sewaktu-waktu, terutama kalau memang tidak hafal betul medan rutenya.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Untuk mengatasi persoalan kondisi jalan tersebut biasanya memakai suspensi udara (air-sus) karena kemampuan naik-turun ground clearance-nya itu, namun ada pilihan lebih menarik yaitu suspensi coilover air-cup karena keandalannya.

Sepintas air cup dengan air sus sama karena sama-sama memakai tombol yang setelah ditekan, kompresor akan bekerja naik-turun mengatur suspensi.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Namun perbedaannya adalah jika air sus menggunakan tabung udara atau balon, sedangkan air cup, karena basisnya suspensi coilover tentu menggunakan per, tetapi ditambah piston di atasnya.

Dengan tekanan dari kompresor, piston itulah yang bekerja mengatur per untuk tinggi-rendahnya ground clearance dengan menarik untuk menaikkan dan menekan untuk menurunkan.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Semenjak masih menggunakan per, keunggulan nyata dengan air cup adalah lebih berorientasi performa dibanding air sus yang tentunya akan memadai untuk pemakaian motorsport.

"Kita gak mungkin balapan pakai balon, karena rate deal untuk nendang baliknya itu terlalu pelan, jadi mobil kayak agak mantul-mantul." ujar Lucky Reza, Pendiri Rumah Modifikasi Kaki-kaki Stancelab. kepada SoundandMachine di StanceLab., Kebayoran Baru, Jakarta (25/08/2020).

Keunggulan lain dari air cup adalah penanganannya yang jauh lebih mudah dibanding air sus, baik dari segi pemakaian dengan beragam kondisi jalan, maupun perawatan, bahkan harga komponennya-pun setara.

"Kalo dua-duanya pakai coilover dikasih bags sama coilover dikasih air cup kurang lebih harganya sama." jelas Lucky.

(Joule)

Tags :