AC Mobil Hanya Keluar Angin tapi TIdak Dingin? Ini Delapan Penyebabnya

  • Oleh :

Jum'at, 23/Okt/2020 21:00 WIB


SoundandMachine (Jakarta). 21 Oktober 2020 - Air conditioner (AC) mobil membuat nyaman sepanjang berkendara karena kemampuan mengurangi rasa panas, terlebih untuk iklim tropis seperti di Indonesia, hingga mengurangi fatigue saat berkendara.

Namun satu waktu AC akan hanya keluar angin sehingga tidak terasa dingin dan itu kerap tidak ketahuan terutama kalau mobil belum pernah mengalami insiden.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

AC hanya keluar angin tapi tidak dingin rasanya akan sama seperti mobil tanpa AC yaitu terasa sumpek dan panas sehingga perlu membuka kaca jendela.

Lantas apa yang membuat AC tidak terasa dingin hanya keluar angin? Auto2000 membeberkan delapan penyebabnya.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

  1. Freon Habis

Agar bisa berfungsi, AC membutuhkan freon dan kalau habis, maka bisa dipastikan AC tidak akan dingin dan hanya keluar angin. Oleh karena itu, coba cek freon AC apabila tidak merasakan sensasi dingin di dalam kabin. 

Misalnya habis,  tentu harus diisi ulang atau menambahnya supaya AC kembali dingin.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

2. Kondensor kotor

Kondensor adalah bagian pada AC yang tugasnya membuang suhu panas yang dilepaskan kompresor. Kalau sampai bagian ini kotor, maka akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin.

Untuk mencegah kotornya kondensor, harus rutin membersihkan kotoran yang menumpuk agar tidak menimbulkan penyumbatan.

3. Kompresor rusak

Misalnya kondensor bersih tapi sistem pendinginan tetap tidak terasa, maka penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin adalah kompresor. 

Pemicunya bisa karena kompresor aus atau rusak yang terlihat dari sight glass berwarna hitam. Kalau tanda ini muncul, maka itu artinya receiver dryer atau expansion valve tersumbat oleh kotoran. 

4. Extra fan mati

Extra fan mati juga membuat AC tidak terasa dingin. Apabila komponen yang terletak di depan kondensor ini mati, maka akan memengaruhi proses kondensasi. Padahal, kondensasi adalah proses yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor.

Jika extra fan tidak berputar, otomatis penurunan suhu tidak bakal terjadi hingga membuat kabin di dalam mobil pun akan tetap terasa panas.

5. Sistem AC mobil kelebihan tekanan

Hati-hati kalau baru saja mengisi oli kompresor, karena kalau berlebihan akan membuat tekanan di dalam freon AC meningkat dan kompresor menjadi sangat panas.

Hal selanjutnya yang akan terjadi adalah proses kondensasi terhambat, padahal penting untuk menurunkan suhu. Jika prosesnya terganggu, maka AC mobil akan terasa tidak dingin.

6. Penyumbatan evaporator

Evaporator yang tersumbat debu maupun kotoran akan membuat aliran udara dari blower menjadi terhambat hingga mengakibatkan sirkulasi AC jadi terganggu.

Memang, sangat wajar untuk debu dan kotoran ikut masuk ke evaporator melalui hisapan blower yang terhubung dengan komponen tersebut. Namun, agar tidak semakin mengurangi kenyamanan Anda selama berkendara, pastikan rutin membersihkan evaporator AC. 

7. Fan belt putus

Fungsi fan belt di dalam AC adalah sebagai penyalur putaran mesin menuju kompresor. Apabila fan belt ini putus atau mengalami kerusakan lain, maka bisa dipastikan kinerja kompresor tidak akan maksimal karena tidak mendapat aliran putaran mesin.

Kalau kompresor sudah tidak bekerja secara optimal, maka aliran freon pun tidak akan bersirkulasi. Akibatnya, AC kendaraan terasa tidak dingin, hanya keluar angin saja dari dalamnya.

8. Thermistor rusak

Thermistor adalah kependekan dari thermo dan resistor yang bekerja mengirimkan sinyal kepada kompresor untuk berhenti bekerja saat suhu kabin mobil sudah mencapai temperatur sesuai pengaturan pada AC.

Namun apabila thermistor ini rusak, maka tidak akan ada sinyal yang dikirimkan ke kompresor hingga membuat kompresor terus menerus bekerja dan membuat evaporator menjadi beku.

Kalau sudah terjadi demikian, bisa dipastikan AC mobil akan tidak dingin hanya keluar angin. 

Penyebab AC mobil tidak dingin hanya keluar angin bisa jadi karena alasan sepele freon habis dan butuh diisi ulang. Namun, bisa juga karena kerusakan yang terjadi pada komponen di dalamnya.

Kalau sudah begini, lebih baik serahkan perbaikan kepada pihak profesional terpercaya agar sumber masalah segera diketahui dan cepat diperbaiki.(Joule)

Tags :