Super GT Ronde Keenam: Nissan Juara Pertama Dari Start Posisi Terakhir

  • Oleh :

Minggu, 25/Okt/2020 21:00 WIB


SoundandMachine (Jepang), 25 Oktober 2020 - Nissan kembali menjuarai ronde keenam Super GT di Suzuka Circuit pada tanggal 25 Oktober 2020 dengan kemenangan yang tanpa diduga-duga.

MOTUL AUTECH GT-R (foto: Nissan)

Pasalnya, MOTUL AUTECH GT-R dengan duo pembalap Tsugio Matsuda-Ronnie Quintarelli dan weight handicap 50 kg tersebut start dari posisi terakhir yaitu ke-15 dan finish di urutan pertama.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Insiden kecelakaan ketika kualifikasi yang mengakibatkan mobil MOTUL AUTECH GT-R rusak berat sehingga tidak membukukan waktunya dan start berada di posisi terakhir.

Untungnya MOTUL AUTECH GT-R bisa berada di posisi pertama karena timing pit stop yang sangat tepat, yaitu sebelum safety car masuk ke trek. Ketika sudah masuk, para kompetitor harus berjalan tanpa mendahuluinya.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Seperti yang diketahui, selama safety car berada di trek, peserta dilarang masuk pit dan misalnya melanggar akan dipenalti satu menit. Namun dalam kasus MOTUL AUTECH GT-R tidak termasuk pelanggaran karena sudah di pit sebelum safety car masuk ke trek.

Begitu keluar pit, ketika mobil para kompetitor sedang lambat, MOTUL AUTECH GT-R berhasil mempertahankan posisi pertama.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

MOTUL AUTECH GT-R terus di posisi pertama hingga garis finish dengan catatan waktu 1 jam 46 menit, 27,742 detik dan mencetak waktu tercepat 1 menit 49,284 detik.

Kemenangan MOTUL AUTECH GT-R merupakan kedua kalinya di Super GT setelah ronde ketiga di sirkuit Suzuka dan saat ini berada di peringkat ketiga klasemen dengan 45 poin, selisih 2 poin dengan teratasnya.

CALSONIC IMPUL GT-R (foto: Nissan)

Sementara pembalap CALSONIC IMPUL GT-R dengan duo pembalap Daiki Sasaki-Kazuki Hiramine meraih posisi kedua yang berarti posisi 1-2 dikuasai oleh Nissan.

Dengan weight handicap 5 kg, CALSONIC IMPUL GT-R start di posisi keempat dengan waktu tercepat di kualifikasi 1 menit 45,698 detik dan finish di posisi kedua dengan selisih waktu 4,616 detik serta mencetak waktu tercepat 1 menit 49.272 detik.

Kedua GT-R tersebut merupakan kelas tertinggi atau GT500 dengan spesifikasi regulasi class-one yaitu mesin 2.000 cc turbo bertenaga sekitar 542 dk, torsi sekitar 490 Nm, dan berat bersih sekitar 1.020 kg.

Kemenangan Nissan di ronde keenam Super GT merupakan satu bukti keberhasilan menantang kemustahilan seperti yang sudah menjadi DNA Nissan dalam pembuatan mobilnya.

https://www.youtube.com/watch?v=hctdcxdX0Os&feature=emb_title

(Joule)

Tags :