Nissan X-Trail, SUV Kompak dengan Segudang Fitur Canggih

  • Oleh :

Rabu, 28/Okt/2020 15:53 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Sejak generasi pertama berkode T30 muncul, Nissan X-Trail berhasil menggaet para penggemar tersendiri, dengan bentuk bodi yang terkenal kompak, mesin kencang, serta suspensi nyaman.

Kepopuleran mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut makin melesat ketika X-Trail generasi kedua diluncurkan pada tahun 2007. Memiliki dimensi yang lebih lebar, tampilan X-Trail berkode T31 tersebut terlihat makin gagah dan sporty.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Pada tahun 2013, Nissan Motor Indonesia (NMI) kembali menggoda pecinta X-Trail dengan menghadirkan generasi terbaru. Berbeda dengan dua generasi sebelumnya yang kental dengan bodi `boxy` X-Trail T30 hadir dengan desain yang lebih agresif dengan garis tajam.

Dalam perjalanannya, saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Nissan meluncurkan X-Trail terbaru (facelift) yang dibekali dengan segudang fitur canggih dari Nissan Intelligent Mobility (NIM), visi yang memandu pengembangan teknologi produk Nissan.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

"Sejak pertama kali diluncurkan di Indonesia, Nissan X-Trail telah menjadi pilihan favorit penyuka SUV. Melalui tipe terbaru ini, Nissan menggabungkan pengalaman selama lebih dari 60 tahun membuat SUV dengan teknologi otomotif terkini," ujar Isao Sekiguchi, Presiden Direktur NMI saat acara peluncuran.

Tampilan New Nissan X-Trail yang bergaya urban dan modern, menjadi semakin memikat dengan desain eksterior dan interior yang diperbarui. Bagian depannya menampilkan desain khas Nissan yang berbentuk bumerang dan dilengkapi lampu LED Daytime Running Lights dan gril V-Motion berukuran besar.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Sosoknya semakin mewah berkat penggunaan velg alloy berukuran 19 inci di bagian samping, serta LED boomerang tail lamps di bagian belakang. New Nissan X-Trail tersedia dalam 5 pilihan warna, yaitu monarch orange, storm white, brilliant silver, deep iris gray, dan black star.

Di bagian interior, kesan mewah terasa kental. Kemewahan tersebut salah satunya terdapat pada jok yang dilapisi kulit berkualitas warna hitam. Penggunaan material kulit ini, ditujukan agar menambah kenyamanan pengemudi dan penumpang, khususnya saat perjalanan jarak jauh.

Warna senada juga terlihat pada dasbor dan panel pintu. Pada kedua bagian tersebut, Nissan juga melapisinya dengan kulit berwarna hitam, sehingga menjadikan nuansa interior semakin elegan.

Kursi berkapasitas 7 penumpang

Selain itu, pada bagian tengah dasbor, tampak terpasang sebuah layar berukuran 7 inci dengan teknologi touchscreen. Layar tersebut juga dapat digunakan untuk menampilkan fitur Around View Monitor, di mana fitur ini akan memantau keadaan sekitar secara 360, dengan gambar ilustrasi dari atas kendaraan.

Monitor tersebut, juga memiliki fitur smart phone connectivity untuk memudahkan pengendara dalam melakukan panggilan atau menerima telepon. Hadirnya panoramic sunroof turut menjadikan suasana kabin terasa lebih luas dan terang.

Tak hanya itu, Nissan X-Trail terbaru ini juga dilengkapi Touchless Backdoor. Fitur itu berguna untuk membuka pintu bagasi dengan sensor kaki, sehingga memudahkan ketika ingin memasukkan barang atau koper.

Selanjutnya, X-Trail terbaru juga dibekali segudang fitur canggih, baik untuk keamanan maupun keselematan, diantaranya adalah Lane Departure Warning yang menggunakan kamera untuk memantau posisi kendaraan untuk tetap berada di dalam lajur jalan saat mengemudi di jalan raya.

Canggihnya lagi, New Nissan X-Trail juga dilengkapi fitur otomatis yang mengatur perubahan lampu jauh dan lampu dekat ketika ada kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan.

Fitur keselamatan lainnya termasuk Rear Cross Traffic Alert, yang yang membantu pengendara saat berada di area parkir dalam kecepatan rendah, dengan memberikan tanda mundur atau keluar dan memberikan peringatan saat ada kendaraan lain yang mendekat dari kanan atau kiri.

Salah satu fitur pintar New Nissan X-Trail yaitu Intelligent Cruise Control dapat mengurangi beban kerja pengemudi selama perjalanan jauh karena dapat menjaga jarak dengan kendaraan yang datang dari arah berlawanan secara otomatis.

Selanjutnya ada Forward Collision Warning yang dapat memantau area di sekitar depan mobil dan memperingatkan pengemudi jika terdapat kendaraan dan pejalan kaki yang terlalu dekat.

X-Trail terbaru juga dibekali Forward Emergency Breaking mampu menerapkan rem darurat dan mengurangi kecepatan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan yang dapat disebabkan oleh tabrakan.

Nissan X-Trail generasi ketiga dibekali mesin 2.500cc, menggunakan kode QR25DE, DOHC, 16 valve yang juga dengan teknologi Dual CVTS.

Mesin yang dilengkapi dengan suplai bahan bakar multi point injection tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 171 hp pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 233 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Mesin dengan torsi yang cukup besar tersebut, menyalurkan tenaganya ke roda depan melalui satu pilihan transmisi, yakni Intelligent Xtronic CVT dengan manual mode. New Nissan X-Trail VL, kini tersedia dengan harga Rp547.700.000 untuk kondisi on the road DKI Jakarta. (ADV)

Tags :