Semakin Kompetitif, Isuzu Memperkenalkan MU-X Generasi Baru

  • Oleh :

Selasa, 27/Okt/2020 21:00 WIB


SoundandMachine (Thailand), 28 Oktober 2020 - Isuzu secara resmi memperkenalkan generasi terbaru SUV ladder frame-nya yaitu Isuzu MU-X.

(sumber: Isuzu)

Generasi baru tersebut ini didasarkan pada konsep engineering Robust and Exclusive, dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan melalui peningkatan kenyamanan dan kemewahan pada tingkat yang dibutuhkan untuk sebuah SUV ladder frame.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Dengan konsep seperti ini tentunya MU-X generasi terbaru akan semakin kompetitif dengan SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, dan Nissan Terra.

Konsep Emotional and Solid MU-X baru terfokus pada penampilan eksterior bergaya sporti dan berwibawa, kekuatan bagian bawah bodi dan kabin yang santai serta elegan.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

MU-X baru memproyeksikan citra premium yang canggih karena proyektor Bi-LED dipasang di bagian depan, dikombinasikan dengan lampu depan yang tampak tajam dan grill depan dengan desain formatif yang berorientasi pada detail.

Bagian belakang dirancang untuk memberikan tampilan inovatif pada lampu belakang dengan desain formatif tajam yang dikembangkan melalui rekayasa yang berfokus pada detail.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Pengadopsian lift-gate plastik membuat kendaraan lebih ringan dan memberikan tampilan yang tajam pada spion. Sebagai fitur pilihan, pintu belakang sudah dilengkapi power lift gate yang mempertegas kesan premium untuk SUV ladder frame.

(sumber: Isuzu)

Interior dirancang dengan konsep Solid dan Elegant, dengan desain formatif di dasbor dan panel instrumen agar tercipta kesan premium dengan gaya unik untuk sebuah SUV ladder frame.

Dengan sentuhan dan nuansa interior yang disempurnakan, serta kenyamanan berkendara di jok, MU-X baru mencapai kabin yang cukup dan ruang dalam kabin yang nyaman, ditambah fitur baru seperti parkir elektrik, rem, dan liftgate elektrik.

Untuk jok baris kedua sudah dilengkapi cup holder model digeser keluar serta tuas jok yang diimprovisasi kegunaannya.

Kenyamanan untuk jok baris ketiga semakin ditingkatkan dengan mengadopsi mekanisme sandaran dan menciptakan lebih banyak ruang untuk kaki

Kabin MU-X juga lebih hening berkat perambatan padat telah dikurangi dan bahan berbusa yang dipasang di dalam pilar untuk meningkatkan performa pengurangan kebisingan dan getaran yang masuk ke dalam kendaraan.

MU-X mengadopsi struktur baru dengan penggunaan ekstensif pelat baja high-tensile dan struktur perakitan yang ramping membuat bodi kendaraan menjadi lebih ringan, kokoh, dan lega.

Dengan membuat pilar di struktur melingkar bagian tertutup setengah bodi belakang dan memperkuat sambungan antar bagian, kekakuan lentur bodi dan kekakuan torsi meningkat.

Selanjutnya, dengan mengontrol perpindahan beban jika terjadi tabrakan, guncangan tersebar dan diserap, mengamankan zona aman untuk melindungi penumpang.

Penggunaan pelat baja high-tensile 980 MPa memungkinkan untuk membawa kekuatan dan kekakuan bodi ke tingkat yang tinggi sekaligus menjaganya tetap ringan pada saat yang bersamaan.

Dengan mengoptimalkan lokasi cross-member. jika terjadi tabrakan ringan di bagian belakang, cross-member bagian belakang bisa dijadikan sebagai bumper beam sehingga mampu menghemat biaya perbaikan.

(sumber: Isuzu)

Namun aspek safety MU-X tidak sampai di airbag dan sturktur bodi, karena masih ada Isuzu Matrix Safety Intelligence yang membantu mencegah terjadinya benturan.

Tingkat kekakuan roll telah meningkat secara signifikan pada suspensi belakang 5-link, berkat pusat roll yang ditinggikan dengan merelokasi link lateral, dan peningkatan stabilizer dengan memperlebar efektifitasnya.

Selain itu, bersama dengan suspensi depan dengan engineering yang sama dengan produk pick-up-nya yaitu D-MAX, meningkatkan stabilitas dan kenyamanan berkendara.

Rem belakang cakram dengan rem parkir elektrik tipe motor-on caliper merupakan perlengkapan standar pada semua mode mempertahankan stabilitas pengereman yang tinggi, sekaligus meningkatkan kegunaan dengan fungsi otomatis rem parkir elektrik.

Untuk model 4 X 4 dilengkapi dengan dua jenis mode kendali pada traction control (TCS) dengan tujuan untuk mendapatkan traksi yang optimal berdasarkan kondisi permukaan jalan.

Selain mode normal untuk di jalan biasa, tersedia mode medan kasar agar pengemudi dapat mengendarai di berbagai jenis permukaan jalan, sehingga meningkatkan performa run-through-nya, terutama di jalan licin.

Untuk harga, saat ini belum diketahui karena baru resmi beredar di pasaran pada tanggal 9 November 2020 di Thailand sebagai negara pertama.

(Joule)

Tags :