All New Nissan Serena, Siap Manjakan Penumpang dengan Beragam Teknologi Canggih

  • Oleh :

Kamis, 29/Okt/2020 10:27 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Selama ini, nama Nissan Serena sudah cukup dikenal sebagai kendaraan keluarga mewah dengan keunggulan pintu sliding door, yang andal sejak pertama kali kemunculannya pada tahun 1996.

Generasi pertama mobil berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut hadir dengan tampilan yang serba bulat. Sosoknya kental dengan aura khas Jepang, apalagi Serena berkoda C23 ini memiliki tampilan eksterior two tone, yang tampak harmonis dengan velg ukuran 14 berdesain sporty.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Pada tahun 2004 generasi kedua Nissan Serena hadir di Indonesia. Penampilan serena C24 ini sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Serena generasi kedua, hadir dengan bentuk yang lebih boxy.

Selanjutnya, generasi keempat dari Serena resmi meluncur pada 2013. Serena yang menggunakan kode C26 tersebut memiliki dimensi yang lebih besar, yaitu panjang 4.770 mm lebar 1.735 mm dan tinggi 1.865 mm, membuat mobil ini lebih terlihat mewah.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Tepat pada bulan Februari 2019, Nissan Motor Indonesia menggoda penyuka MPV di Tanah Air dengan kemunculan Nissan Serena generasi kelima. Mengikuti perkembangan zaman, Serena C27 ini terlihat makin modern baik tampilan mau pun fitur-fiturnya.

MPV generasi terbaru ini disebut mewarisi nilai-nilai unggul yang telah dibentuk oleh generasi Serena sebelumnya, namun versi All New Nissan Serena memiliki teknologi yang jauh lebih maju.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Salah satu kecanggihan All New Nissan Serena terletak pada Intelligent sliding door yang merupakan yang pertama di segmennya, sehingga dapat membantu penumpang untuk masuk dan keluar serta menurunkan barang-barang dengan lebih mudah.

Cara kerjanya cukup praktis, penumpang hanya perlu mengayunkan kaki di bawah pintu saja, lalu pintu sliding door yang menjadi ciri khas Serena sejak dulu akan terbuka secara otomatis.

Fitur lain yang juga merupakan hal pertama di segmennya adalah pintu bagasi ganda, yang bisa dibilang sesuatu yang inovatif dalam menyiasati keterbatasan ruang. Pintu bagasi ini mirip dengan milik SUV mewah.

Jadi, bila barang bawaan yang ingin dimasukkan ke bagasi memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, cukup dilakukan dengan membuka pintu bagasi bagian atas, tanpa perlu membuka bagasi secara keseluruhan.

Selain itu, Nissan Serena terbaru dilengkapi dengan sistem hiburan yang canggih dengan adanya layar monitor ganda berukuran 7 inci. Layar monitor yang pertama adalah head unit yang tersambung dengan telepon pintar, dan juga terhubung dengan roof monitor berukuran 11 inci.

Layar monitor berikutnya adalah Multi Information Display berukuran 7 inci yang memiliki banyak fitur, termasuk Intelligent Around View Monitor (I-AVM) yang terkenal dari Nissan. Fitur ini juga menjadi yang pertama di kelasnya.

Adanya fitur I-AVM, membuat pengemudi mendapat pandangan jelas 360 derajat di sekitar kendaraan. Dibekali kamera di empat sisinya, fitur ini sangat memudahkan untuk parkir dan melihat keadaan sekeliling mobil secara menyeluruh.

Makin membuat pengemudi merasa aman dan nyaman, fitur I-AVM ini juga dilengkapi dengan Moving Object Detection (MOD), yang akan memberi tahu saat ada sesuatu yang bergerak di belakang mobil.

Canggihnya lagi, Nissa Serena telah dilengkapi fitur Driver Attention Allert. Fitur tersebut berkerjasama dengan Steering Angle Sensors, yang akan menganalisa pola atau cara berkendara.

Jika sensor mendeteksi tanda-tanda kantuk atau hilang fokus, Fitur Driver Attention Alert (DAA) akan memberikan sinyal berupa pertanyaan "Take a Break?" yang muncul di layar MID dan mengeluarkan sinyal suara untuk pengemudi.

Mobil ini hadir dengan kabin luas dan nyaman. Kursi baris kedua dapat digeser dan dirapatkan dengan kursi sebelahnya, serta dimundurkan sampai baris ketiga untuk mendapatkan ruang kaki yang lega.

Pengguna Nissan Serena juga semakin dimanjakan untuk menikmati kenyamanan maksimum dengan adanya captain seat berbalut kulit, dan tujuh colokan USB pada setiap baris kursi.

Selain itu, All New Nissan Serena memiliki banyak fitur keselamatan pasif dan aktif, termasuk 8 titik sensor parkir, 6 SRS airbags, Vehicle Dynamic Control & Traction Control System, Hill Start Assist, Anti-Lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution dan Brake Assist.

Sebagai tenaga penggerak, Nissan Serena dibekali mesin bensin MR20 empat silinder 1.997 cc. Mesin tersebut, sanggup menghasilkan tenaga sebesar 150 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 199 Nm pada putara 4.400 rpm.

Saat ini, Nissan memasarkan Serena dalam dua pilihan tipe. Pertama adalah Nissan Serena tipe X yang dijual Rp462.900.000, dan Serena tipe Highway Star yang memiliki banderol Rp488.500.000. (ADV)

Tags :