Punya Tenaga Hingga 1.700 HP, Koenigsegg Gemera Meluncur di Thailand

  • Oleh :

Kamis, 29/Okt/2020 13:58 WIB


Soundandmachine.com (Thailand) - Setelah memulai debutnya pada bulan Maret tahun ini, Koenigsegg akhirnya mulai memasarkan hypercar anyarnya, Gemera, di negara Thailand.

Menggunakan powertrain hybrid plug-in, Gemera rencananya hanya akan dibuat sebanyak 300 unit saja untuk seluruh dunia. Salah satu tenaga penggerak, Gemera dibekali mesin tiga silinder 2.000 cc berteknologi camless freevalve.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Meski jumlah silindernya sangat sedikit, nyatanya mesin yang disebut Tiny Friendly Giant (TFG) tersebut sanggup memproduksi tenaga hingga 590 hp dan torsi mencapai 600 Nm.

Mesin tersebut dipasang di bagian tengah mobil untuk menggerakkan roda depan. Sedangkan untuk sumber tenaga listrik, Gemera dibekali dua motor listrik di bagian belakang.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

Canggihnya, masing-masing motor listrik mampu menghasilkan tenaga hingga 500 hp dan torsi 1.000 Nm. Tenaga yang sangat besar itu, disediakan oleh baterai 800 volt, 16,6 kWh yang dipasang di bawah jok depan.

Bila ditotal, Gemera memiliki total output tenaga mencapai 1.700 hp (1.27 MW) dan torsi 3.500 Nm. Agar transfer tenaga ke roda berjalan dengan lancar, hypercar yang memiliki empat buah kursi itu dilengkapi transmisi Koenigsegg Direct Drive (KDD) gigi tunggal berteknologi HydraCoup (kopling hidrolik).

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Dari segi performa, Gemera dapat berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 1,9 detik. Sementara akselerasi dari nol hingga 200 km/jam hanya membutuhkan 4,9 detik.

Bila pengemudi masih memiliki nyali untuk menginjak pedal akselerator lebih dalam, Gemera dapat melesat hingga kecepatan tertinggi di angka lebih dari 400 km/jam.

Dalam mode tenaga listrik saja, baterainya menyediakan jangkauan hingga 50 km, sedangkan bila dengan mesin pembakaran internal, dapat mencapai hingga 950 km, sehingga jangkauan totalnya adalah 1.000 km.

Salah satu daya tarik Koenigsegg Gemera adalah pintu Automated Twisted Synchrohelix Actuation Doors (KATSAD).

Pintu yang atau terbuka kedepan dengan sistem mirip Butterfly Doors tersebut, akan memudahkan penumpang dengan tinggi hingga 202 cm untuk masuk ke kursi belakang.

Di Thailand, Gemera dihadirkan oleh General Auto Supply Company Limited dengan harga yang cukup fantastis, yakni 111.098.385 baht atau senilai Rp 52 miliar. Kira-kira kalau masuk Indonesia jadi berapa ya? (EPS)

Tags :