Sumpah Pemuda, Semakin Bersemangat Produksi Aftermarket Lokal

  • Oleh :

Kamis, 29/Okt/2020 18:11 WIB


SoundandMachine (Jakarta), 28 Oktober 2020 - Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober 1928 merupakan momentum persatuan dan kebangkitan pemuda Indonesia sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia sekaligus memperkuat kesadaran sebangsa.

Di era sekarang ini dengan segala kecanggihan teknologi dan polarisasi zaman, implementasi nilai-nilai Sumpah Pemuda juga terasa di ranah industri otomotif dan modifikasi dilihat dari produksi aftermarket lokal yang semakin bersemangat.

Baca Juga:
Ketika SUV Jagoan Off-road Mercedes-Benz G-Class Dimodifikasi Senyaman Limosin

Sebagaimana kreatifnya para pemuda Indonesia dalam menelurkan produk-produk aftermarket mengikuti perkembangan industri tuning dunia kendati masih dalam pandemi Covid-19.

Di bawah ini adalah beberapa karya produk lokal Indonesia yang mendunia dan sempat meramaikan Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 kemarin.

Baca Juga:
Diikuti 80 Ribu Peserta, Kompetisi Brio Vitual Drift Challenge Usai Digelar

  1. Body Kit KARMA Cayman 987
(sumber: IMX)

KARMA Bodykit yang dirintis Kiki Anugraha kembali merilis produk body kit terbaru edisi Porsche Cayman 987 generasi kedua . Model ketiga line up produksi KARMA Bodykit langsung diluncurkan secara worldwide melalui IMX 2020, pada 10 Oktober lalu.

Dalam paket penjualannya terdiri dari bumper depan, bumper lips, side skirt bumper belakang, fender, over fender, dan wing spoiler.

Baca Juga:
Banyak Promo, Jangan Lewatkan IMX Year End Modz Sales 12.12 di Bukalapak

Desain agresif khas KARMA Bodykit terlihat dari air dam besar serta lekukan khas di ujung-ujung bumper dan side skirt tetap dipertahankan yang membuatnya berbeda dengan produk body kit lainnya.

Semua fungsi dan performa body kit ini sudah diperhitungkan secara matang, termasuk pemasangannya yang plug and play.

KARMA Cayman dapat ditebus dengan budget 4.000 dolar Amerika Serikat atau setara dengan Rp.63 juta. Hingga saat ini sudah masuk dua pesanan dari dalam dan luar negeri untuk paket body kit tersebut.

2. Body Kit Project J Honda Civic Nouva

(sumber: IMX)

Musa Tjahjono,  Head of Designer West Coast Custom berdarah Indonesia, menggarap project kolaborasi bersama builder spesialis mobil-mobil JDM legendaris, Pengepul Mobil.

Keduanya membuat paket wide body kit untuk Honda Civic Nouva (EF) hatchback atau Civic Generasi keempat lansiran tahun 1987-1991.

Paketnya terdiri dari front bumper, front lip, front widebody fenders, side skirts, rear widebody fenders, serta rear bumper with diffuser.

Diproduksi secara eksklusif dan dipasarkan ke seluruh dunia dan dikerjakan sepenuhnya di dalam negeri. Sistem pembeliannya melalui pesanan terlebih dahulu via Instagram direct message ke akun @pengepul_mobil.

Paket widebody tersebut dijual seharga 2.500 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 37 juta belum termasuk pemasangan dan kelir pengecatan.

3. Velg Lokal Bergaya Jepang DNZ Wheels

(sumber: IMX)

Duo YouTuber dari Garasi Drift, Dipo dan Ziko berhasil mendulang kesuksesan lewat perilisam velg aftermarket lokal yang diberi merek DNZ Wheels.

DNZ Wheels dengan desain 10 palang membawa satu spesifikasi untuk tahap awal. Diameternya 167 inci dengan PCD 4/100 dan et 38, dengan finishing favorit gaya racing Magnesium Gold.

Ukuran tersebut dipilih karena terbilang sesuai untuk banyak mobil penumpang di dalam negeri, seperti Honda Brio, Toyota Yaris, Nissan March, Datsun GO+, Mazda2, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Jazz, dan lain sebagainya.

Pelek tersebut dibuat oleh PAKO GROUP yang merupakan salah satu produsen velg Tanah Air yang beroperasi sejak 1974. Pabrik ini memiliki spesialisasi membuat velg mobil-mobil baru, sepeda motor, bus, dan truk untuk pasar lokal maupun ekspor.

Dalam kurun waktu beberapa jam saja, pelek 25 set yang dijual melalui platform belanja daring Shopee sudah habis terjual. Namun rencananya Garasi Drift akan membuka batch kedua dalam waktu dekat ini.

4. Cover Car 4D Bitel Black

(sumber: IMX)

Pada Februari lalu, produsen aftermarket sarung mobil BitelBlack kembali berpameran di Osaka Auto Messe (OAM) 2020 bersama tim Great Of Indonesia yang diinisiasi IMX.

Dalam pameran kedua kalinya di Jepang itu merupakan pengesahan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan rekanan distributor BitelBlack di Jepang. Sampai saat ini produsen cover mobil eksentrik tersebut berencana terus mengeksplor pasar otomotif ekspor untuk mengembangkan penjualannya.

Sarung mobil BitelBlack memuat keunggulan dari segi estetik dan fungsional. Produk sarung mobil tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan motif 4D secara personalisasi dari  pelanggan dan punya motif 4D persis seperti miniatur untuk dummy, dengan material lebih tahan lama dalam kondisi cuaca ekstrem.

5. Modifikasi Lampu Mobil Yoong Motor Indonesia

Yoong Motor sebagai pionir restorasi lampu dan kaca mobil bertransformasi menjadi parameter bengkel modifikasi lampu dan kaca mobil yang patut diperhitungkan.

Terlebih, spesialis modifikasi yang memiliki rekanan beberapa kota di Indonesia mendapat banyak pelanggan yang mempercayakan modifikasi lampu mobil hingga  mancanegara.

Bahkan, sejak beberapa tahun terakhir Yoong Motor membuka proses pelatihan restorasi lampu dan kaca mobil bagi siapapun yang ingin membuka rumah modifikasi lampu mobil.

Yoong Motor menghadirkan karya modifikasi lampu dengan mengutamakan aspek fungsional selain memenuhi kesan estetik semata.

Modifikasi lampu mobil idealnya memiliki standar teknis, seperti posisi titik fokus, lebar sudut penyinaran, tinggi rendah dan menggunakan standar pengaturan berkendara yang aman untuk pengguna jalan lain.

Karya modifikasi lazy eyes, LED hingga DRL Yoong Motor selalu menyedot perhatian pameran otomotif, seperti misalnya di OAM. Pada tahun pertama tim IMX berpameran di 2018, para pengunjung gelaran tersebut terkagum dengan hasil modifikasi sektor visibilitas mobil ini.

Maju terus industri aftermarket Indonesia! (Joule)

Tags :