Manufaktur Car Audio ini Hadirkan Konten Panduan Pasang Komponen Sendiri

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 06/Janu/2021 02:21 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 5 Januari 2021 – Umumnya upgrade audio mobil diserahkan kepada instalatur untuk memasang komponen. Namun setidaknya ada produsen yang membuat konten spesial di website resminya yaitu upgrade audio sendiri atau do-it yourself (DIY).

 

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Salah satu tujuan produsen membuat konten tersebut adalah karena di Jepang pelanggan yang memilih memasang komponen secara DIY cukup banyak sehingga bisa menjadi panduan.

 

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

(sumber: Alpine)

Baca Juga:
Gerai Audio Mobil Bestbuddyshop Sunter Rayakan Raihan Champions of Champion PAHAMI 2024

(sumber: Pioneer)

Setidaknya produsen car audio yang membuat konten tersebut adalah Alpine dan Pioneer, keduanya menargetkan pasar Jepang.

 

(sumber: Alpine)

Upgrade audio OEM merupakan aliran yang dipakai untuk konten DIY seperti mengganti speaker sendiri. Agar mendukung prosesnya, disarankan memakai komponen audio dirancang khusus mobil tersebut dan sejumlah produsen telah menyediakan, seperti kabel atau dudukan speaker.

 

Tidak sebatas menjual audio yang dirancang khusus mobil tersebut tetapi juga memberi panduan mengenai bagaimana cara memasangnya, baik di manual instruction maupun video di website konten spesial, termasuk bagaimana cara melepas door trim.

 

(sumber: Alpine)

(sumber: Pioneer)

Untuk produsen seperti Alpine bahkan membuat “DIY Channel” yang berisi pasang komponen secara DIY. Sementara Pioneer, bahkan sampai melibatkan pembalap Kamui Kobayashi untuk memperagakan bagaimana memasang komponen audio DIY dan itu juga lengkap dengan video.

 

(sumber: Pioneer)

Sebagaimana afdolnya upgrade car audio, produsen juga memberi tutorial memasang peredam sendiri dan untuk pasar Jepang, baik Alpine maupun Pioneer, sama-sama membuat peredam.

 

Untuk upgrade seperti pasang digital signal processor atau amplifier, kedua manufaktur tersebut belum memberikan tutorial DIY.

 

(Joule)