Harga Serendah Bobot, Weds Rilis Pelek WedsSport SA-99R

  • Oleh : Julfikri

Sabtu, 23/Janu/2021 18:37 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 22 Januari 2021 – Manufaktur pelek asal Jepang, Weds, baru-baru ini merilis detil pelek terbarunya yang berkarakter sport yaitu WedsSport SA-99R.

 

Baca Juga:
Jadi Perangkat Wajib di Mobil Saat Mudik, Ini Alasan Pentingnya Pasang Dashcam Lingdu

Pelek dari seri WedsSport tersebut memiliki konsep berbobot ringan (lightweight) namun begitu juga harganya karena lebih terjangkau dan akan banyak cocok untuk berbagai mobil jalanan, sebagaimana kepanjangan “SA” dari “SA-99R” yaitu Street Advantage.

 

Baca Juga:
Pertama di Indonesia, Kyoto Shaking Machine Pengecekan Kaki-kaki Mobil Jadi Lebih Mudah

(sumber: Weds)

Baca Juga:
Jelajah Rute Yogyakarta Menuju Semarang, Mitsubishi XForce Buktikan Ketangguhannya

Lightweight tersebut berawal dari desain ramping pada fin type pada palang sembilannya dari sisi ke sela-sela yang bukan hanya membuatnya lebih ringan tetapi juga lebih kaku.

 

Bagian tengah pelek dibuat serendah mungkin dan ukurannya dibuat ramping agar terlihat efek tiga dimensional-nya.

 

(sumber: Weds)

Pelek tersebut dibuat dengan material forged dengan proses Advanced Metal Forming (AMF) sehingga tercipta kombinasi antara pengurangan bobot dan desain untuk pemakaian jalan raya.

 

(sumber: Weds)

Proses AMF bukan hanya membuatnya lebih ringan tetapi juga memiliki harga jual lebih terjangkau karena adanya proses casting namun berbentuk flow forming sehingga bisa di-stretch, kemudian untuk meng-extend peleknya memakai proses spinning dengan panas yang ekstensif. Meski demikian pelek AMF tetap kuat karena adanya kerapatan pembentukan saat aluminium ditempa melalui stretching.

 

Bobotnya sendiri paling ringan 5,19 kg untuk ukuran 15 x 5 J dan paling berat 8,83 kg untuk 18 x 9,5 J. Untuk ukuran 18 inci yang memakai model 3-Face dengan disc shape concave design untuk menciptakan rasa sporti.

 

 

(sumber: Weds).

 

(Joule)