Prioritaskan Kesehatan, Gaikindo Fokuskan Pameran Otomotif di Semester Kedua 2021

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 09/Feb/2021 06:00 WIB


Soundandmachine.com (Jakarta) - Berdasarkan arahan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) dalam upayanya membantu pemulihan industri otomotif nasional, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memutuskan untuk tetap menyelenggarakan pamerannya di tahun 2021 ini.

 

Baca Juga:
Area Pameran Tambah Luas, GIIAS 2024 Akan Dihadiri Lebih Banyak Eksibitor Baru

Dalam keterangan resminya (3/2/2021), Gaikindo menegaskan kembali bahwa prioritas yang lebih utama adalah menjaga kesehatan dan keselamatan dari para peserta dan pengunjung pameran, serta masyarakat umum sebagai dasar dari upaya pengembalian kondisi industri otomotif Indonesia.

 

Baca Juga:
Gelar Kontes Audio Seri Kedua Musim 2023-2024, EMMA Buka Tiga Kelas Baru Kategori Sound Quality

Oleh karena itu, Gaikindo memutuskan untuk kembali menunda jadwal penyelenggaraan dua pamerannya, yakni GIIAS Surabaya dan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang sedianya akan berlangsung pada bulan Maret 2021, menjadi pada semester kedua, tepatnya jelang akhir tahun.

 

Baca Juga:
Animo Tinggi Industri Aftermarket Berpameran di GIIAS 2023, Slotnya Melebihi Kapasitas

“Pemulihan industri otomotif Indonesia menjadi agenda yang sangat penting bagi Gaikindo, namun kami juga tidak ingin mengambil resiko mempertaruhkan kondisi kesehatan masyarakat yang saat ini belum membaik.” buka Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo .

 

Atas pertimbangan kondisi terkini mengenai perkembangan pandemi Covid-19 secara nasional, Gaikindo berkesimpulan bahwa penyelenggaraan pameran otomotif secara tatap muka, saat ini masih belum dapat dilaksanakan karena besarnya resiko bagi semua pihak.

 

“Oleh karena itu Gaikindo akan mengambil langkah baru yang lebih aman untuk masyarakat, juga akan menjadi strategi tepat waktu dan tepat sasaran untuk pemain industri,” jelas Yohannes.

 

Langkah dan strategi baru yang diambil Gaikindo adalah dengan memaksimalkan paruh kedua tahun 2021 sebagai waktu penyelenggaraan pameran otomotif yang dimulai dari Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada bulan Agustus.

 

“Gaikindo merencanakan kembali penyelenggaraaan pameran otomotif pada semester kedua tahun ini, dimulai dari GIIAS di Jakarta pada bulan Agustus, dilanjutkan dengan penyelenggaraan pameran GIIAS di daerah,” papar Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo.

 

Penyelenggaraan yang dimulai pada semester kedua akan menjadi strategi terbaik karena konsentrasi masyarakat pada industri otomotif Indonesia tidak terputus sejak awal semester kedua, hingga akhir tahun 2021, tepatnya berawal dari penyelenggaraan The 28th GIIAS di Jakarta.

 

“Masyarakat akan disuguhkan pencapaian industri otomotif Indonesia secara lengkap dalam penyelenggaraan GIIAS The Series di Jakarta, Surabaya, Makassar dan Medan. Lalu pada akhir tahun GJAW akan menjadi ajang yang menghasilkan potensi penjualan dan memberikan kesempatan berpromosi terbaik bagi para merek,” ungkap Rizwan.

 

Selain penyesuaian waktu penyelenggaraan pameran, Gaikindo juga memiliki satu lagi strategi pamungkas, yakni aplikasi GIIAS Auto360.

 

GIIAS Auto360 merupakan aplikasi pertama yang merupakan gabungan tiga segmen utama yakni fitur pameran otomotif digital, marketplace serta news industry update,

 

“Kami akan membawa pameran otomotif langsung ke dalam genggaman masyarakat lewat GIIAS Auto360, dan ini akan menjadi ajang bertemunya ratusan merek otomotif serta ribuan pengusaha otomotif dengan para pelanggan otomotif, kapan saja dan dimana saja,” jelas Rizwan.

 

Nantinya pada saat pameran berlangsung GIIAS Auto360 juga akan memberikan kemudahan maksimal dengan berbagai memiiki fitur untuk mengakses berbagai macam info mengenai pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Gaikindo.

 

Hanya dengan mengunduh aplikasi atau membuka website, masyarakat dapat mencari tahu update dan fasilitas pameran. Pembelian tiket pameran, pendaftaran test drive dan test ride serta pendaftaran acara-acara pendukung pameran juga bisa dilakukan dalam aplikasi ini.

 

Gaikindo dan seluruh anggotanya akan tetap solid tetap berkomitmen mendukung penuh upaya dan strategi yang dicanangkannya, serta mengoptimalkan dukungan penuh oleh Kemenperin RI tersebut.

 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaraan pameran, klik website resmi pameran www.indonesiaautoshow.com atau www.jakartaautoweek.com.

 

(Joule)