Turbo Spoon Sports Doping Tenaga Honda Civic Type R Sekitar 33 Persen

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 11/Feb/2021 21:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang), 29 Januari 2021 – Setelah Honda Civic Turbo, giliran Civic Type R kedapatan Big Turbocharger Kit dari tuner spesialisnya yaitu Spoon Sports.

 

Baca Juga:
Fitur Melimpah dan Performa Mesin Baru Mitsubishi New Pajero Sport Punya Banyak Daya Tarik

Namun turbo tersebut memiliki efek doping performa cukup dahsyat semenjak Spoon Sports mengklaim mampu meningkatkan tenaga mesin sekitar 33 persen.

 

Baca Juga:
Punya Fitur Keselamatan Lengkap, Mitsubishi New Pajero Sport Jadi Favorit SUV 2.500 cc

Sejak peluncuran Civic Type R FK8, Spoon Sports telah memfokuskan pada potensi mesin turbo K20C. Analisis ECU telah dilakukan dan pengaturan diubah beberapa kali dengan tujuan untuk lebih meningkatkan kinerja mesin.

 

Baca Juga:
Tingkatkan Efisiensi Kerja Intake, Js Racing Rilis Maxflow Air Filter untuk Honda Civic Turbo

Hanya dengan mengoptimalkan pengaturan ECU, sambil memastikan margin keselamatan, untuk peningkatan, waktu pengapian, dan penyesuaian bahan bakar, telah meningkatkan output sekitar 40 ps dibanding standarnya.

 

Kebutuhan lebih lanjut untuk meningkatkan torsi kisaran kecepatan menengah hingga rendah dan output kecepatan tinggi mendorong Spoon Sports untuk mengembangkan turbocharger berkapasitas tinggi ini.

 

Turbocharger tersebut merupakan buatan Mitsubishi Heavy Industries (MHI) terbaru yang sangat efisien memasok bahan bakar FK8 bawaan.

 

 

(sumber: Spoon Sports)

Teknologi analisis CFD terbaru membantu mengoptimalkan bentuk kompresor dan bilah turbin. Seiring dengan peningkatan diameter, ini menghasilkan output yang lebih tinggi tanpa mengorbankan torsi kecepatan sedang hingga rendah.

 

Bentuk kompresor dan jumlah bilah telah dioptimalkan, laju aliran tinggi dan dorongan tinggi dicapai dengan meningkatkan diameter asli 58 Φ menjadi 65 Φ. Selain itu, bentuk bilah dan jumlah roda turbin juga telah ditingkatkan dan diameternya dimodifikasi dari 47Φ menjadi 52Φ.

 

Momen inersia yang ditekan dan peningkatan kapasitas mengurangi tekanan knalpot dan meningkatkan respons.

 

Hasilnya, big turbocharger kit memiliki peningkatan performa sebagai berikut,

 

(sumber: Spoon Sports)

Tenaga Mesin standar 302.84 PS -> 410.02 PS

Torsi Mesin standar 394,6 Nm -> 544 Nm

 

Sebaiknya memakai Spoon N1 Muffler, Spoon Air Cleaner dan upgrade Hondata Fuel System, intercooler, serta downpipe yang dipasang bersama dengan modifikasi setting agar mampu meningkatkan output sebesar 100 PS, atau sekitar 33%, dan torsi sebesar 147 Nm.

 

Housing yang sama dengan turbin bawaan membuatnya bersistem plug and play sehingga membuat pemasangan lebih mudah dan cepat.

 

Hanya saja diperlukan kopling berkapasitas tinggi dan pemasangan Hondata Fuel System untuk menghasilkan peningkatan output, karena pasokan bahan bakar cukup sulit dicapai dengan sistem bahan bakar normal.

 

Pasalnya, peningkatan output setelah pemasangan Hondata Fuel System mencakup injektor, kapasitas bahan bakar, dan software dengan jumlah pasokan bahan bakar meningkat 24% dibandingkan standarnya.

(Joule)