Pertama di Indonesia, Cartens Garap Upgrade Audio Mobil Listrik Hyundai Kona

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 05/Mar/2021 20:00 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta), 3 Maret 2021 – Di Indonesia, setidaknya masih belum banyak mobil listrik yang audionya di-upgrade. Salah satunya SUV listrik Hyundai Kona EV garapan gerai audio Cartens Audio di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan ini, bisa dibilang yang pertama di Indonesia.

 

Baca Juga:
Cocok untuk Entry Level dan High End, Speaker Focal Jadi Rekomendasi Upgrade Audio di Mobil Listrik

 

Baca Juga:
Cocok di Hyundai Ioniq 5, Ini Dia Tiga Pilihan Speaker Focal untuk Upgrade Audio Mobil Listrik

Eddie Soesanto selaku pemilik Cartens, kedapatan pelanggan dengan mobil Hyundai Kona EV untuk upgrade audio konsep OEM yang berarti upgrade-nya lebih ke jeroan. Itulah mengapa dari segi tampilan mendekati standar bahkan hampir tidak terlihat dimodifikasi sama sekali.

 

Baca Juga:
Punya Daya Tinggi, Amplifier Audison Thesis TH Quattro Aman Dipakai Upgrade Audio di Mobil Listrik

Semenjak mobil listrik dan audio cukup korelatif, apakah upgrade mobil listrik sama dengan pembakaran dalam atau internal combustion?

 

 

“Melihat kelistrikannya, semuanya aksesoris masih menggunakan aki 12V. Intinya mungkin sistem pengisian akinya aja yang berbeda dengan mobil biasa dengan alternator.” buka Eddie kepada SoundandMachine.com di Cartens Autosound (3/3/2021).

 

 

Maksud dari aksesoris tersebut seperti AC, audio system, dan sebagainya yang masih mengandalkan aki terpisah seperti mobil internal combustion. Itu berarti ketika upgrade audio, hampir sama seperti mobil internal combustion semenjak masih memakai aki 12V secara terpisah.

 

Hanya saja lebih aman memakai komponen dengan daya listrik yang relatif sedikit seperti amplifier D-Class supaya lebih efisien. Paling tidak dengan komponen audio tersebut cukup membuat kualitas suara yang jauh lebih baik dibanding standar.

 

Meski mobil listrik kabinnya relatif kedap suara karena kerja motor listriknya begitu hening, soal peredaman tidak kalah concern dengan mesin pembakaran dalam. Pasalnya ketika berjalan, dari belakang road noise mobil listrik lebih terdengar.

 

Itulah mengapa Kona EV tersebut dipasang peredam hingga dua lapis karena untuk menghilangkan road noise yang sangat terdengar dari belakang pengemudi.

 

 

 

Kona EV garapan Cartens memakai speaker Focal Elite 2-Way dengan crossover pasif, midrange Focal Flax, prosesor 8-channel Ground Zero, amplifier Crescendo, dan subwoofer aktif VOX 8 inci dengan peredam Ground Zero dan Silent Coat dua lapis.

 

Lantas bagaimana jika pelanggan menginginkan upgrade audio mobil listrik lebih dari OEM seperti sudah pasang speaker di pilar A, misalnya?

 

“Lebih baik tambah aki yang lebih besar karena pemakaiannya mungkin udah dihitung antara electrical OEM-nya.” pesan Eddie.

 

(Joule)

 

Cartens Autosound And Installations

Pusat Niaga Duta Mas Fatmawati, Rukan Blok D2 No.22

Jakarta Selatan 12140

 

CONTACT INFO

+628158866888

(021) 7279 8998