Gunakan Mesin V12 Terkuat, Ferrari Akan Luncurkan 812 Superfast Edisi Khusus

  • Oleh : edo

Selasa, 27/Apr/2021 13:09 WIB


SoundandMachine.com (Maranello) - Produsen mobil super asal Italia, Ferrari, baru saja merilis gambar dari 812 Superfast edisi khusus. Kabarnya, model anyar yang menggunakan nama "Special Version" itu, disebut sebagai 812 Superfast terkuat yang pernah dibuat.

"Mobil ini digambarkan sebagai ekspresi pamungkas konsep Ferrari dari berlinetta bermesin depan yang ekstrem," tulis pabrikan berlogo Kuda Jingkrak itu dalam keterangan resminya.

Varian 812 Superfast Special Version, menghadirkan serangkaian peningkatan visual, mekanis, dan dinamis di atas mobil standar. Hasilnya adalah sebuah mobil yang merangkum dan melambangkan lebih dari 70 tahun pengalaman Ferrari, di berbagai sirkuit dunia.

"kami memanfaatkan DNA mobil sport asli untuk memberikan yang sempurna perkawinan antara kinerja, bentuk, dan fungsi," kata Ferrari. Sebagai tenaga penggerak, 812 Superfast anyar ini dibekali mesin V12 yang menjadi ciri khasnya.

Berkapasitas 6.500 cc, mesin tersebut telah mengalami penyempurnaan sehingga performa yang dihasilkan lebih 'brutal'. Output daya dari V12 yang dipasang di depan telah ditingkatkan dari 789 HP menjadi 819 HP.

Selain mendesain ulang banyak komponen inti mesin, Ferrari juga telah memasang mekanisme timing katup baru dan sistem pembuangan baru. Salah satu hasilnya, batas putaran mesin naik dari 8.900 rpm menjadi 9.500 rpm.

Memiliki tenaga dan putaran mesin yang makin tinggi, menjadikannya diklaim sebagai mesin V12 versi jalan raya paling bertenaga yang pernah dibuat oleh pabrikan legendaris tersebut. 

Meski Ferrari belum mengungkap angka pasti, namun diperkirakan akselerasi 812 Superfast edisi khusus ini menjadi lebih cepat. Sebelumnya mobil dua pintu itu mampu berlari dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam waktu 2.9 detik. Kini, diperkirakan akan lebih dekat ke angka 2.5 detik.

Kekuatan murni namun brutal yang dikeluarkan oleh powertrain, digabungkan dengan dinamika kontrol berkendara terbaik, untuk memastikan bahwa kinerja dapat dieksploitasi sepenuhnya dan untuk menjamin kesenangan maksimal di belakang kemudi. 

Paling khas dari solusi ini adalah penerapan kemudi independen pada semua empat roda. Hal ini akan memberikan ketepatan saat menikung, serta memberikan responsivitas untuk input kemudi. Canggihnya, model baru ini juga telah dilengkapi versi 7.0 dari Side Slip Control vehicle dynamics system.

Prestasi teknik penting lainnya adalah pekerjaan untuk mengurangi bobot keseluruhan mobil, dibandingkan dengan 812 Superfast standar. Pengurangan bobot ini, terutama dicapai dengan penggunaan serat karbon secara ekstensif, baik di eksterior maupun di dalam kokpit. 

Kabarnya, Ferrari 812 Superfast Special Version ini akan melakukan debut perdananya, yang akan disiarkan langsung dari Maranello melalui saluran media sosial pada tanggal 5 Mei pukul 14:30 CEST. (EPS)