Toyota GR Supra Semakin Kompetitif Jalani Seri Kedua Super GT 2021

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 07/Mei/2021 12:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Toyota GR Supra semakin kompetitif di ajang balap Grand Tourer Jepang, Super GT meski persaingan mulai sengit dari seri kedua untuk musim 2021 tersebut.

Kompetitifnya GR Supra terlihat dari hasil kualifikasi serta balapan yang diadakan pada tanggal 3-4 Mei 2021 di Fuji Speedway tersebut dan itu mencakup dua kelas, yaitu GT500 sebagai kelas tertinggi, dan GT300 yang paling rendahnya.

Baca Juga:
Hadirkan Pengalaman Seru Bernuansa Motorsport, Toyota GR Tour Hadir di Jakarta

WedsSport Advan GR Supra (foto: Toyota Gazoo Racing)

Baca Juga:
Lebih Dekat dengan Masyarakat, Toyota Adakan Gazoo Racing Tour di Kota Surabaya

Di kelas GT500 GR Supra start di posisi pertama setelah meraih waktu tercepat 1 menit 26,496 detik oleh WedsSport Advan GR Supra di sesi kualifikasi.

Baca Juga:
Andalkan GR Yaris Berspesifikasi AP4, Toyota Langsung Juara di Seri I Kejurnas Sprint Rally 2022

Eneos x Prime GR Supra (foto: Toyota Gazoo Racing)

Kemudian di sesi balapan, GR Supra melalui peserta Eneos x Prime GR Supra dengan duo pembalap Kazuya Oshima dan Kenta Yamashita, meraih posisi kedua dengan selisih waktu 0,831 detik dengan di depannya setelah menempuh 110 putaran.

KeePer Tom's GR Supra (foto: Toyota Gazoo Racing)

Sementara di belakangnya yaitu KeePer Tom's GR Supra dengan duo pembalap Ryo Hirakawa dan Sena Sakaguchi memiliki selisih waktu 1,117 detik dari peserta peraih posisi pertama.

Meski tidak meraih juara pertama, best lap masih dipegang oleh pembalap GR Supra, yaitu au Tom’s GR Supra dengan duo pembalap Yuhi Sekiguchi dan Sho Tsuboi, membukukan waktu 1 menit 29,476 detik. Setelah meraih posisi kedua, GR Supra tetap memimpin klasemen dengan 41 poin.

GR Supra yang dipakai balap Super GT kelas GT500 berdasarkan regulasi Class One dengan mesin 2.000 cc turbo berkode RI4AG serta bobot 1.020 kg namun dengan tambahan bobot 40 kg setelah meraih posisi pertama di ronde sebelumnya.

Syntium LM Corsa GR Supra GT (foto: Toyota Gazoo Racing)

Sementara di kelas GT300, peserta Syntium LM Corsa GR Supra GT meraih posisi ketiga dengan catatan waktu tercepat 1 menit 35,824 detik.

Namun di sesi balapan, peserta dengan duo pembalap Hiroki Yoshimoto dan Shunsuke Kohno tersebut memenangkan ronde kedua setelah menempu 103 putaran selama 3 jam 4 menit 16,736 detik.

Menariknya, Syntium LMCorsa GR Supra GT juga menjadi yang tercepat di kelasnya semenjak meraih best lap dengan catatan waktu 1 menit 37,577 detik.

Setelah memenangkan ronde, GR Supra di kelas GT300 naik peringkat dari urutan kedelapan menjadi kedua di klasemen.

GR Supra yang dipakai balap Super GT kelas GT300 memakai kategori JAF-GT dengan sasis mobil produksi namun tidak memakai mesin standarnya untuk dimodifikasi.

Pasalnya, GR Supra tersebut memakai mesin 2 UR-G berkapasitas 5.400 cc V8 menggantikan mesin B58 bawaan GR Supra. Untuk bobot tidak diketahui tetapi mendapat tambahan 9 kg setelah meraih posisi kedelapan dari ronde sebelumnya.

(Joule)