Speaker Focal Membuat Audio Mobil Listrik Hyundai Kona EV Jadi Lebih Mumpuni

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 20/Mei/2021 16:37 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Mobil listrik baterai, yang menjadi salah satu kendaraan masa depan, memang terkenal senyap karena kerja motor listriknya hampir tanpa suara jika dibandingkan dengan mesin pembakaran dalam konvensional.

Namun ternyata tidak berarti kabinnya juga hening karena senyapnya kerja motor listrik, justru membuat road noise-nya semakin terdengar dan itu akan berpengaruh pada kualitas suara audio saat mobil berjalan. Untungnya mobil listrik masih aman untuk upgrade audio dan sudah terbukti.

Baca Juga:
Power Supply Dominations Powerplant Bisa untuk Upgrade Car Audio High End. Ini Referensinya

Salah satunya opsi terbaiknya adalah pasang produk Focal seri ES 165 KX2 untuk speaker depan dan PS 165 FXE untuk speaker belakang, yang sudah terbukti di Hyundai Kona EV garapan Cartens Audio.

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

(sumber: Focal)

Baca Juga:
Ganti Tweeter ke FRAK Bikin Speaker Entry Level Focal Slatefiber JadI Naik Kelas

Focal ES 165 KX2 merupakan speaker 2-way dengan woofer 6,5 inci dan kevlar cone agar membuat suara lebih padat dan ‘nendang’. Bagian tengah cone-nya dilengkapi phase plug untuk meningkatkan penyebaran suara di sekitar kabin kendaraan.

Dalam paketnya, speaker tersebut sudah dilengkapi dengan tweeter berdesain kubah terbalik TKMX berbentuk dua 'M ', yang memiliki material aramid fibre, dan crossover bi-amplified.

Dengan tweeter dan crossover tersebut, membuat kontrol yang sempurna pada ujung atas untuk menghasilkan trebel sangat halus serta menyempurnakan suara.

Berkat kemampuan mengendalikan power-nya, Focal ES 165 KX2 pernah memikat para ahli di perhelatan Consumer Electronics Society 2016, hingga meraih innovation award.

(sumber: Focal)

Sementara Focal PS 165 FXE yang juga 2-way, dilengkapi Tuned Mass Damper surround dan tergabung dalam woofer untuk menstabilkan surround, mencapai kontrol netralitas serta linieritas lebih baik, sehingga menghasilkan bass lebih padat.

Selain itu, ogive cone di bagian tengah speaker PS 165 FXE membuat dispersi suara yang lebih baik.

Speaker tersebut sudah berikut tweeter dengan kubah terbalik untuk menghasilkan sudut difusi lebih luas dan definisi suara lebih baik. Tilted mounting-nya membuat tweeter ini lebih mudah dipasang di berbagai jenis kendaraan.

Selain tweeter, juga sudah termasuk crossover yang ringkas dan pre-cable sehingga sangat cocok bagi para audiophile.

Apapun peredam dan peranti pendukungnya, kombinasi Focal ES 165 KX2 dan PS 165 FXE akan meningkatkan kualitas audio namun masih bisa buat OEM look, seperti yang sudah terpasang di Kona EV dan terbukti memuaskan pemilik mobil.

(adv)