PSBB Run, Ajang Kumpul untuk Hilangkan Rasa Bosan di Rumah

  • Oleh : Julfikri

Senin, 24/Mei/2021 21:33 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Pandemi Covid-19 membuat masyarakat dihimbau agar sebisa mungkin berada di rumah, karena akan membantu memutus penyebaran.

Meski demikian, sayangnya tidak semua dan juga tidak selamanya orang bisa bertahan, terlebih karena rasa bosan mulai timbul.

Oleh karena itu, mulai 4 Oktober 2020 sejumlah antusias otomotif mendirikan PSBB Run untuk menghilangkan rasa bosan berada di rumah, yaitu run dengan meminimalkan kontak dengan mobil relatif bebas.

“Jadi kita ngadain run tapi minimum kontak sama orang, hanya ketemu di tikum.” buka C.T Owen, Salah Satu Pendiri PSBB Run kepada SoundandMachine melalui aplikasi LINE (23/5/2021).

Rute run yang dipilih PSBB run seperti tol dalam kota (Jakarta Inner Ring Road) karena lebih menjangka kediaman para peserta. Berbeda dengan run pada umumnya, pada dasarnya tidak ada end point di PSBB run agar memudahkan para pengikutnya pulang ke rumah masing-masing ketika melewati exit tol terdekat selama run berlangsung.

“End point itu karena banyak yang masih mau ngumpul, jadi kita bantu kasih tau aja, bukan dari kita.” jelas Owen. “Buat yang masih mau ngobrol aja, kita cuma ngadain tikum sama rute.” tambahnya.

PSBB Run hanya menyebut tanggal run di akun Instagramnya, sementara untuk waktu dan tempat kumpul tidak pernah diberitahu, untuk menyaring para antusias yang benar-benar bersedia mengikuti aturan sekaligus meminimalisir kontak.

Pemberitahuan waktu dan tempat run khusus yang tergabung di PSBB Run saja, dan untuk bergabungnya melalui direct message akun Instagram. Setelah mendapat pemberitahuan, peserta juga diminta untuk tidak menyebarkan ke pihak di luar ruang lingkup PSBB Run.

“Makanya ada form daftar juga supaya semuanya terkontrol dan gak terlalu ramai.” ungkap Owen. “Di setiap run kita bikin form untuk ikut dan ada opsi dimana harus setuju sama rules atau ga bisa ikut.” tambahnya.

Meski relatif tertutup dan dibatasi, PSBB Run sempat mendapat sponsor, salah satunya dari STP pada run tanggal 6 Desember 2020 dan 9 Januari 2021.

Sedikit catatan, misalnya pembatasan sosial berskala besar ditiadakan oleh pemerintah, nama PSBB Run akan tetap dipakai karena ternyata “PSBB”-nya memiliki arti kepanjangan yang diluar dugaan.

“PSBB itu kepanjangannya Perjalanan Santai Bareng-Bareng.” tutup Owen.

(Joule)