Selain Tampilan Makin Sporty, Mansory Bikin Tenaga Ferrari Portofino Melonjak Hingga 710 HP

  • Oleh : ADV

Selasa, 25/Mei/2021 14:30 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Rumah modifikasi asal Jerman, Mansory, baru saja merilis sebuah Ferrari Portofino, yang telah di-upgrade di hampir seluruh bagiannya, sehingga tampilannya makin sporty dan performanya meningkat.

Mobil ini disebut merupakan proyek tuning ketiga Mansory, yang melibatkan model Ferrari tahun ini. Sebelumnya, Mansory telah berhasil membuat kreasi yang didasarkan pada Ferrari F8 Tributo dan 812 GTS.

Dimulai dari bagian eksterior, perusahaan yang berbasis di wilayah Brand, Jerman tersebut, merancang ulang bagian atap yang bertipe hardtop convertible, dengan material dark forged carbon.

Penggunaan material ini selain dinilai lebih mewah, juga memiliki bobot yang lebih ringan dari atap standar. Meski materialnya telah diganti, namun atap yang dapat dibuka tutup secara otomatis itu, masih bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

"Jadi pemilik tidak perlu khawatir jika mereka ingin menikmati berkendara di atap terbuka," tutur salah seorang wakil dari Mansory. Bagian lain yang terbuat dari bahan yang sama, antara lain lips spoiler depan, ventilasi udara kap mesin, side skirts, ventilasi samping, dan tutup spion. 

Selain itu, bagian pilar dan spoiler tipis di atas bagasi belakang juga menggunakan material ini, termasuk diffuser. Agar makin sporty, Mansory juga menggusur pelek standar.

Sebagai gantinya, disematkan satu set roda lightweight forged, yang mengikuti desain YT.5. Pelek YT.5 tersebut, merupakan pelek yang ikonik karena pertama kali digunakan pada Mansory F8XX berbasis Tributo F8. 

Ukurannya 21 inci di depan dan 22 inci di belakang, dibalut dengan ban performa tinggi. Di dalam, kabin dipadukan warna dengan eksterior agar kontras dengan jok kulit hitam, dengan tiga tombol untuk mengontrol gearbox dual-clutch.

Menariknya, tombol-tombol tersebut dicat dengan warna berbeda, yakni hijau, putih dan merah, agar sesuai dengan bendera Italia. Selanjutnya, Mansory juga menampilkan barang-barang hasil kreasinya, seperti setir dan karpet.

Tak kalah penting, yakni bagian dapur pacu. Modifikasi bagian ini juga menjadi salah satu keahlian Mansory. Mesin V8 3,9 liter twin-turbo, mendapatkan sistem manajemen mesin dan sistem pembuangan yang dioptimalkan ulang. 

Hasilnya, mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 710 hp dan torsi 890 Nm. Angka tersebut memiliki peningkatan yang cukup besa dari kondisi standar, yakni 591 hp dan 760 Nm.

Dari segi performa, Portofino yang disetel Mansory membutuhkan waktu tiga detik untuk menyelesaikan sprint 0-100 km/jam dan akan mencapai kecepatan tertinggi 334 km/jam. Hasil ini merupakan peningkatan dari 3,5 detik dan 320 km/jam dalam kondisi standar. (EPS)