Saat Bugatti Chiron Sport Edisi Khusus Adu Kebut dengan Jet Tempur Rafale

  • Oleh : ADV

Kamis, 27/Mei/2021 16:42 WIB


SoundandMachine.com (Perancis) - Bagi penonton serial tayangan Top Gear di Stasiun TV BBC, kemungkinan ingat episode Top Gear lama di mana Richard Hammond, balapan dengan Jet Tempur Eurofighter Typhoon menggunakan Bugatti Veyron.

Adegan tersebut sungguh menarik dan menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Nah, seakan kembali bernostalgia, Buggati baru saja membuat tantangan head-to-head serupa, menggunakan Chiron untuk adu kebut dengan Pesawat Dassault Rafale Marine.

Pembuat mobil Perancis itu menyebut, Chiron merupakan Veyron dan pertama kali diluncurkan pada 2016. Pada saat pembuatan video, Bugatti menggunakan Chiron edisi khusus yakni, Chiron Sport Les Légendes du Ciel.

Mobil ini dibuat untuk untuk merayakan keterlibatan Ettore Bugatti dalam dunia penerbangan Perancis. Mobil itu juga mendapat sejumlah sentuhan estetika unik untuk membuatnya berbeda. Harganya tentu tidak murah, karena mencapai 2,88 juta euro atau senilai Rp 50 Miliar.

Menariknya, Chiron edisi khusus itu hanya akan diproduksi sebanyak 20 unit saja. Sedangkan Rafale, merupakan pesawat tempur Perancis yang digunakan oleh Angkatan Udara dan Luar Angkasa Perancis (French Air and Space Force) serta Angkatan Laut Perancis. 

Pewasat itu menggunakan mesin dual Snecma M88 turbofan yang menghasilkan total daya dorong 5.649 HP dan torsi 58.550 newton. Tenaga sangat besar yang dihasilkan, seakan membuat mesin W16 8.0 liter turbocharged bawaan Chiron seakan kecil.

Padahal, mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga hingga 1.479 HP. Meski begitu, perlombaan ini sangat menghibur untuk ditonton, apalagi saat awal start, edisi khusus Chiron Sport itu berhasil mendahuli pesawat.

Tetapi begitu afterburner Rafale menyala, mobil super mewah itu langsung tertinggal. Tentu saja, ini adalah dua mesin yang berbeda, dan pesawat juga menang dalam hal kecepatan tertinggi, karena mampu mencapai kecepatan tertinggi 1,6 Mach atau sekitar 1.975 km/jam.

Sedangkan Chiron Sport, 'hanya' mampu mencapai kecepatan maksimum di angka 420 km/jam. (EPS)