Meski Dibanderol Tinggi, Alpine Optimis Seri F1 Status Bakal Diburu Penggemarnya

  • Oleh : Julfikri

Senin, 28/Jun/2021 17:53 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – PT. Audioworkshop (AWS) selaku pemegan brand Alpine, telah resmi meluncurkan audio system legendarisnya Alpine F#1 Status untuk pasar Indonesia. 

Alpine F1 Status, yang sekarang memasuki generasi ketiga, menawarkan resolusi audio tertinggi di dunia yaitu 384 kHz / 32 Bit dan hanya dijual sepaket dengan banderol 29.000 USD belum termasuk PPN 10%.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

“Saya harus jual segitu, untuk Indonesia ada PPN 10%. Kira-kira Rp. 460 juta ++ lah. Ini affordable unitnya, gak mahal.” buka Wahyu Tanuwijaya, Chief Executive Officer PT. AWS kepada SoundandMachine.com di BestBuddyShop Angkasa, Jakarta Pusat (28/6/2021).

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Meski dibanderol sekitar Rp. 460 juta, Wahyu optimis dengan pasar Indonesia. Ia mengungkap, bahwa di Indonesia banyak penggemar audio fanatik yang rela mengeluarkan dana Rp 200 juta hanya untuk membeli satu unit power saja. Bahkan kalau ditotal, mencapai Rp. 1 Miliar untuk sistem audio lengkap.

“Satu buah sistem Rp. 500 juta itu banyak orang Indonesia yang bisa beli.” jelas Wahyu.

Baca Juga:
Gerai Audio Mobil Bestbuddyshop Sunter Rayakan Raihan Champions of Champion PAHAMI 2024

Alpine F#1 Status bukan barang yang berstatus limited edition, tetapi untuk peredarannya relatif terbatas. Untuk Thailand misalnya, hanya enam dealer saja yang menjual Alpine F#1 Status.

Sementara pasar Indonesia, Alpine F#1 Status hanya dijual di gerai audio bertanda Alpine X Store seperti Cartens Audio, Mega Audio. Auto Maximus, Best Buddyshop, Cas Audio, Sinar Karya, GAC, dan Power Audioworkshop.

Meski Indonesia memiliki sejarah berupa rekor tertinggi penjualan Alpine F#1 Status, AWS tetap selektif memilih dealer bahwa hanya yang bertanda Alpine X Store untuk menjaga aftersales service.

Itupun bukan hanya membutuhkan gerai audio yang kompeten tetapi juga administrasi lainnya harus benar-benar beres sehingga secara status dealer tersebut sudah mengemban Alpine X Store. 

“Untuk jual ini harus punya agreement dengan kita.” tegas Wahyu yang memegang brand Alpine sejak 2020 silam.

Alpine F#1 Status terdiri dari head unit, audio processor, amplifier, dan speaker 4-way yang masing-masing komponen dirancang kapabel untuk resolusi sebesar 384 kHz / 32 bit. 

Terutama untuk head unit, processor, dan amplifier, tidak bisa dipisahkan karena dirancang untuk clock yang sama dan clock tersebut untuk mengatasi “jitter” atau terputusnya sinyal yang mengganggu kualitas suara.

(Joule)