Tingkatkan Kualitas Suara, Ini Resep Amplifier Alpine F1 Status

  • Oleh : Julfikri

Selasa, 29/Jun/2021 17:31 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Meski tidak seperti audio processor dan speaker yang hitungannya menjadi fokus pengembangan produk, amplifier Alpine F#1 Status dengan kode HDA-F900 tetap berkontribusi meningkatkan kualitas suara.

Namun untuk menghasilkan kualitas suara terbaik dari sebuah audio system dengan spesifikasi tertinggi yaitu 384 kHz/32 bit, Alpine membuat audio processor dan amplifier Alpine F#1 Status secara terpisah.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

Alpine mengklaim bahwa sudah menjadi rahasia umum bahwa chip yang tersedia secara komersial umumnya digunakan untuk sirkuit internal (IC) amplifier dan itu banyak digunakan di sirkuit analog prosesor audio, bahkan untuk komponen kelas atas sekalipun.

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

(sumber: Alpine)

Oleh karena itu, bersama perusahaan yang menjadi mitra kerjasamanya yaitu New Japan Radio, Alpine membuat chip operational amplifier MUSES05 dengan penyesuaian ke IC untuk meningkatkan kualitas suara.

Baca Juga:
Collector Item, Nissan Skyline GT-R R32 ini Upgrade Sistem Audio Dengan Produk Audison

Selain itu dalam pengembangannya, Alpine terfokus pada peningkatan kemampuan memproses sinyal secara murni melalui perubahan arus kecil di sirkuit internal dan perubahan kualitas suara dari efek harmonik pada beberapa MHz pada audio band.

Setiap tahap rangkaian amplifier juga dibuat terpisah, dan mutual interference-nya juga dihilangkan secara menyeluruh. Tentunya pemakaian material juga turut diperhatikan oleh Alpine, seperti mengadopsi bahan tembaga bebas oksigen untuk frame-nya yang mampu menekan efek kehilangan sinyal.

(sumber: Alpine)

Alhasil, dengan amplifier seperti ini mampu menekan komponen harmonik yang berlebih hingga 300kHz pada playback band-nya, yang mencakup komponen harmonik yang terasa di tubuh jauh melampaui pita yang dapat didengar.

(sumber: Alpine)

Amplifier tersebut memiliki spesifikasi Class D dengan UltraBlu, balanced transfer input 4-channel dan 8 Volt, power supply independen antara “+” dan “-“, sasis copper-plated, 100 W x 4 channel di 4 ohm, dan karakteristik frekuensi 8 Hz sampai 100 kHz.

Selain itu juga memiliki negative feedback (NFB) yang membuat distorsi dan noise rendah serta high damping, total harmonic distortion 1% di 100W x 4ch di 4 ohm dan 0,003% di 10 W×4ch di 4 ohm, S / N 118 dB (dengan A-waighted, AES-17 20kHz LPF), dan CH independent gain adjustment.

(Joule)