Inspirasi Upgrade Audio dan Peredam Kabin Honda Brio yang Simple dan Terjangkau!

  • Oleh : ADV

Jum'at, 09/Jul/2021 15:21 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kali ini SoundandMachine akan memberikan referensi, bagaimana cara melakukan modifikasi yang proper pada Honda Brio.

Setidaknya ada empat sektor yang akan kami ulas, dengan menggali informasi langsung dari para pakarnya, untuk menggambarkan hasil modifikasi yang memuaskan, serta semakin membuat Brio kawan SoundandMachine, nyaman digunakan sehari-hari.  

Baca Juga:
Ganti Tweeter ke FRAK Bikin Speaker Entry Level Focal Slatefiber JadI Naik Kelas

Deretan upgrade atau modifikasi yang akan kami lakukan, yakni mulai dari sistem audio termasuk peredaman kabin, sektor roda, sistem suspensi dan terakhir adalah meningkatkan performa mesin.  

Baca Juga:
Siasati Ruang Kabin Terbatas, Power Amplifier Hertz DPower Cocok untuk Upgrade Audio Honda Brio

Setelah melakukan upgrade sektor roda pada edisi lalu, kali ini kami akan melakukan upgrade untuk sektor audio agar kualitas suaranya menjadi lebih optimal. Agar tak salah pilih, kami langsung menyambangi gerai Audio Power Audioworkshop yang berlokasi di Jl. Caman Raya No.89, Jatibening, Bekasi.

Jimmy Yaphary sang pemilik Power Audioworkshop mengatakan, bahwa upgrade audio Honda Brio untuk penggunaan harian sebenarnya cukup simple. "Kita bisa mulai dengan tambah tweeter, pasang subwoofer aktif dan peredam," 

Baca Juga:
Andalkan Produk Hertz, Gerai Audio BestBuddyShop Surabaya Tembus EMMA Asia Finals 2023

Khusus tweeter, ia menyarankan untuk menggunakan Dominations D26CC yang didesain khusus untuk Honda Brio. Menariknya, tweeter ini penempatannya cukup ringkas dan tidak memakan tempat, karena lokasinya ada di cover spion bagian dalam. 

Tweeter ini sudah dilengkapi dengan pasif crossover dan dalam kemasannya telah tersedia rumah (cover) plastik, sehingga tidak perlu membobok atau merubah komponen standar mobil.

"Tinggal plug n play. Hasil suara pasti beda jauh dibanding standar, karena aslinya Honda Brio juga gak tersedia tweeter," ungkap Jimmy. Selanjutnya, Jimmy menyarankan untuk menambahkan subwoofer aktif berukuran 8 inci buatan Dominations Bud yang dilengkapi dengan passive radiator. 

Subwoofer ini, didukung dengan amplifier 200 W di dalamnya, sehingga tidak membutuhkan komponen tambahan amplifier lagi. "Keunggulan pakai subwoofer adalah suara audio makin ngebas. Untuk kabin sekecil Honda Brio sudah cukup," papar pria ramah tersebut.

Ia mengatakan, bahwa penempatan subwoofer ini bisa diletakkan di bagasi mobil. "Karena ukurannya yang tidak terlalu besar yakni 8 inci, jadi penempatannya cukup ringkas, dan bagasi masih lega untuk mengangkut barang," tambahnya.

Terakhir, Jimmy menyarankan menggunakan peredam dari Zero Solution yakni Vibrofiltr berukuran 1,8 mm. Menggunakan peredam dirasa perlu, karena meskipun tergolong mobil baru, namun Honda Brio masih terasa bising di bagian dalamnya.

"Suara dari luar masih masuk kedalam. Selain lebih kedap, efek pemasangan peredam bisa mengoptimalkan suara midbass sehingga menjadi jadi lebih empuk," tuturnya. Untuk Honda Brio, ia menyebut cukup memasang peredam di bagian pintu depan.

Untuk dua pintu, dibutuhkan sekitar 7-8 lembar (kiri dan kanan). "Perbedaan pemakaian peredam tentu jauh beda dibanding standar. Suara mesin jadi lebih minim, dan kabin lebih senyap," pungkas Jimmy.

Mengenai harga, ternyata cukup terjangkau. Jimmy mengatakan, bila kawan SoundandMachine berminat melakukan upgrade dengan spesifikasi yang tadi disebutkan, hanya perlu mengeluar uang sebesar Rp 4-4,5 juta saja. Tertarik?