Intip Spesifikasi Alpine SPJ-161CS, Speaker Mumpuni dengan Harga Cuma Rp 1 Jutaan

  • Oleh : ADV

Selasa, 13/Jul/2021 12:55 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Bagi para penggemar modifikasi audio, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Alpine. Pasalnya, merek komponen audio asal Jepang tersebut, dikenal memiliki kualitas produk yang sangat baik.

Selain menghadirkan line-up komponen audio kelas hi-end, dengan harga yang cukup tinggi, ternyata alpine juga memiliki produk speaker yang dibanderol dengan harga terjangkau loh, salah satunya adalah speaker SPJ-161CS.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

"Produk Alpine dibagi beberapa tipe. X series menjadi kelas yang tingi, di bawahnya ada R series. Lalu ada lagi S series sebagai tipe low end, dan ada tipe J, dibawahnya S. Jadi bisa dipilih sesuai bujet yang ada," kata Fahrul Supangkat, Sales and Marketing Alpine Indonesia.

Nah, kali ini SoundandMachine secara khusus akan membahas SPJ-161CS. Fahrul menjelaskan, seri speaker tipe J merupakan entry level yang dibuat untuk menghadirkan suara bass yang kuat tanpa distorsi.

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

"Speaker ini memiliki frekuensi respon 30 Hz – 30 kHz. Frekuensi lownya kuat untuk menghasilkan suara bass yang mumpuni. Pukulan bawahnya oke sekali, untuk penggunaan sehari-hari sudah sangat cukup," jelas Fahrul.

Baca Juga:
Gerai Audio Mobil Bestbuddyshop Sunter Rayakan Raihan Champions of Champion PAHAMI 2024

Dalam paket yang tersedia, speaker jenis 2-way ini terdiri dari woofer/midbass berukuran 6 inci, tweeter berukuran 1 inci, kabel-kabel, dan crossover yang sudah tersedia atau menyatu di dalam kabel.

"Desain tweeternya dome, artinya tinggal kita tempatkan di dasbor saja, tanpa perlu membuat boks lagi," ujarnya. Pria ramah itu menyebut, keunggulan lain dari speaker itu adalah menggunakan material Neodymium Magnet untuk tweeter dan Ferrite Magnet untuk woofer.

Sehingga, dapat menghasilkan bass yang lebih dalam, dan treble yang lebih tinggi. Mengenai harga, speaker SPJ-161CS ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1,4 jutaan. Tentunya harga ini terbilang terjangkau untuk produk audio berkualitas sekelas Alpine.

"Kualitas suaranya akan meningkat dibanding standar, tanpa perlu bujet yang mahal. Pemasangan cukup simple, kabel-kabel sudah disiapkan, paling nanti ditambahin dudukan agar gak mentok kaca saat dipasang di pintu," papar Fahrul.

Ia menambahkan, apabila kawan SoundandMachine tertarik, bisa langsung mengunjungi diler-diler Alpine yang tersebar di seluruh Indonesia, atau bisa melihat-lihat melalui akun Instagram @alpine.indonesia. Tertarik sob? (EPS)

Spesifikasi:

Speaker type : 6"(16CM) 2-WAY SPEAKER
Frequency response : 30 Hz – 30 kHz
Power handling : 250 Watts peak power, 50 Watts RMS power
Design : Surface mount Application, Tweeter Rubber roll surround
Material : Silk dome tweeter, Neodymium Magnet for tweeter, Ferrite Magnet for woofer, PEI cone
Dimension : Woofer mounting diameter 123.5 mm, Woofer mounting depth 44 mm