Pioneer Carrozzeria TS-T730, Pilihan Upgrade Audio Mobil Paling Simpel dan Fleksibel

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 21/Jul/2021 11:14 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Tweeter merupakan salah satu komponen penting untuk meningkatkan kualitas suara audio mobil. Itulah sebabnya ketika membeli komponen upgrade speaker, biasanya sepaket dengan tweeter.

Untuk membeli komponen upgrade speaker tentu membutuhkan biaya lebih dan tweeter-nya sendiri umumnya hanya bisa dipasang statis dalam arti, untuk adjust lokasi dan sudutnya membutuhkan effort lebih seperti bongkar pasang.

Baca Juga:
Hadirkan Experience Berbeda, Pioneer Menyulap Toyota Hiace Jadi Demo Room Berjalan

Baca Juga:
Ciptakan Akustik Ideal Audio Mobil, Pioneer Rilis Digital Signal Processor Carrozzeria DEQ-1000A

(sumber: Pioneer)

Untungnya Pioneer punya komponen audio yang menjadi pilihan upgrade audio mobil paling simpel dan fleksibel karena hanya tweeter-nya saja tetapi mampu meningkatkan kualitas suara meski speaker-nya standar, yaitu Carrozzeria TS-T730.

Baca Juga:
Tweeter Pioneer Carrozeria TS-T736, Dirancang Khusus Suara Jadi Lebih Halus

Salah satu keunggulan utama Carrozzeria TS-T730 adalah memiliki dudukan bawaan dengan mekanisme putar dimana setelah pemasangan pengguna bisa mengarahkan sudut tweeter dengan tangan.

Alhasil, pengguna dapat lebih praktis mengontrol karakteristik akustik dan membuat mid-high range hingga mencapai posisi mendengarkan lebih baik dari sudut tweeter yang diaturnya.

Berhubung sudah ada dudukan, tentunya membuat pemasangan tweeter menjadi lebih fleksibel, cepat, dan praktis.

Menariknya meski sudah hi-res audio, Carrozzeria TS-T730 bisa terhubung dengan speaker standar sehingga menjadi jalan praktis untuk upgrade kualitas suara. Pasalnya tweeter tersebut memiliki wideband playback yang menutupi kekurangan frekuensi tinggi dari speaker standar.

Ilustrasi kualitas suara speaker standar tanpa tweeter Carrozzeria TS-T730 (sumber: Pioneer)

Ilustrasi kualitas suara speaker standar dengan tweeter Carrozzeria TS-T730 (sumber: Pioneer)

Selain itu, dengan tweeter tersebut, pengguna dapat mendengar suara vokal di depan. Sementara ketika memakai speaker standar saja, umumnya suara yang terdengar dari bawah karena posisinya di pintu bagian bawah.

Tentunya itu semua tidak lepas dari komponen yang ada di Carrozzeria TS-T730, seperti bahan alloy aluminium digunakan untuk diafragma agar menarik dengan jelas dari mid-range ke ke ultra-high range.

(sumber: Pioneer)

Selain glossy tone, suaranya juga bisa naik dengan jelas dan menunjukkan directivity yang sangat baik.

Diameter tweeter 2,9 cm disediakan untuk mencapai crossover rendah sehingga meningkatkan respons terhadap sinyal menit dan secara akurat menunjukkan mid-high range.

(sumber Pioneer)

Sirkuit magnet Neodymium membuat fluksnya lebih kecil namun kuat menggerakkan diafragma secara efisien, bahkan dengan sinyal sangat kecil, dan memiliki sedikit perbedaan tekstur dalam high frequency range yang terdengar jelas.

(sumber Pioneer)

Vertex drive system baru mengurangi kehilangan rambatan antara kumparan suara dan diafragma. Serta menghilangkan resonansi yang tidak dibutuhkan. Kemudian diafragma “king coat edge” membuat pergerakannya dapat dikontrol lebih akurat ketika disalurkan dari sirkuit magnetik.

(sumber Pioneer)

Tak ketinggalan, tweeter tersebut juga memiliki high-pass filter yang memakai komponen berkualitas tinggi sehingga meskipun speaker-nya standar, kualitas suara bisa ditingkatkan.

Spesifikasi

Konfigurasi speaker 2.9 cm balanced dome tweeter, high pass filter, Instant maximum input 180 W, Rated input 50 W, playback frequency band 1.300-64.000 Hz, Output sound pressure level 9 dB, Impedance 6 ohm, massa dalam 1 piece termasuk aksesoris 0,12 kg.

(Joule)