Audison bit One HD Virtuoso, Kualitas Suaranya Lebih Baik dari DSP Rp 45 Jutaan

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 28/Jul/2021 16:18 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Modifikasi audio standar atau OEM, tidak sebatas membuat kualitas suara lebih baik dari standar, tetapi juga bisa lebih jauh untuk ditingkatkan lagi.

Oleh karena itu produsen audio mobil asal Italia, Audison, membuat digital signal processor (DSP) resolusi tinggi Bit One HD Virtuoso untuk membuat kualitas suaranya jauh lebih baik dari OEM dengan sistem Hi-End. Menariknya, dengan harga retail mulai Rp. 37.950.000,- kualitas suaranya bisa mengalahkan DSP lain yang harganya jauh lebih tinggi.

Baca Juga:
Collector Item, Nissan Skyline GT-R R32 ini Upgrade Sistem Audio Dengan Produk Audison

Itu semua berawal dari fitur inovatif yang lahir dengan pengembangan software / firmware baru dan peningkatan beberapa komponen utama di jalur sinyal audio. Peningkatan tersebut sangat penting untuk mencapai tingkat output suara maksimal.

“Setelah perbaikan software berkali-kali dan dapat saya katakan software terbaru ini sangat killer, suaranya jauh lebih bagus dari DSP sebelah yang berharga Rp 45 juta.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop selaku pemegang brand Audison di Indonesia.

Baca Juga:
Pakai Produk Audison, Toyota Fortuner Ini Konsisten Upgrade Audio dari Simpel Sampai High End

Bit One HD Virtuoso memiliki sistem Audison Full DA HD (Full Digital Audio HD) dimana sinyal audio dikirim secara digital dari pemutar audio Hi-Res ke amplifier Audison yang dilengkapi dengan input tautan AC / AD.

Baca Juga:
Mitigasi Sistem Audio OEM Jadi Lebih Mudah, DSP Audison Forza Kompatibel untuk Speaker Standar

(sumber: Audison)

DSP bit One HD Virtuoso menggunakan Hi-End Analog Device Processor ADSP-21489 dari Sharc, yang menjadi satu-satunya untuk penggunaan otomotif, dengan menggunakan filter Finite Impluse Response (FIR) pada platform output 9 channel sehingga bisa untuk audio 4-way plus subwoofer.

Filter FIR memberikan kejernihan luar biasa dalam menghasilkan transien, seperti dentingan piano akustik atau drum. Dengan demikian instrumen di panggung virtual lebih fokus dan memiliki lebih banyak ruang.

Intervensi equalizer apapun atas respons frekuensi, dengan adanya filter FIR tidak mengubah fase sinyal audio, sehingga bisa dikoreksi lebih tepat dan terperinci tanpa mengkondisikan kualitas audio.

Di DSP tersebut juga memiliki sejumlah komponen berkualitas tinggi, yang berkontribusi untuk memperoleh lebih banyak medium-high frequency dan low range yang kuat dan cepat ketika output analognya digunakan.

Seperti kapasitor SILMIC series ELMA khusus audio, kapasitor film WIMA high performance Metallized Polypropylene, op amp High-Performance Burr Brown OPAx134 SoundPlus™, dan Cirrus-Logic CS4365 6-channel and CS4385 8-channel 24 bit / 192 kHz DA converters dengan signal to noise ratio sebesar 114 dB.

(sumber: Audison)

Selain itu software-nya juga menawarkan alat pemrosesan sinyal yang lebih kuat, termasuk jenis filter baru dan menjadikan penggunaan sofware PC lebih cepat melalui GUI paling update untuk mempermudah pekerjaan para instalatur.

Software tersebut memiliki pilihan versi FIR atau IIR (Infinite Impulse Response) tanpa perlu memperbarui firmware dan kompatibel dengan kedua jenis filter jaringan serta dirancang untuk kendali jarak jauh melalui modul Wi-Fi tambahan.

Jadi, upgrade modifikasi audio OEM tidak lagi sekedar lebih baik dari standar, tetapi bagaimana supaya membuat kualitasnya jauh lebih baik dan itu salah satu kuncinya ada di DSP.

(Joule)