Bergaya Ala Amerika, BMW R18 Terbaru Dibekali Sistem Audio Buatan Marshall

  • Oleh : ADV

Kamis, 05/Agu/2021 15:44 WIB


SoundandMachine.com (Jerman) - Produsen sepeda motor mewah asal Jerman, BMW Motorrad, baru saja menghadirkan R18 Transcontinental dan R18B Bagger dalam jajaran produk "Heritage" untuk menemani R18 dan R18 Classic yang baru saja mengalami facelift.

Sepertinya, R18 Transcontinental dan R18B ditujukan untuk menggoda para penggemar motor cruiser di Amerika Serikat. Bagaimana tidak, dari segi desain, R18 terbaru itu sekilas mirip dengan Harley Davison.

Baca Juga:
Siap Diandalkan Kompetisi, DSP Audison Forza C8.14 Mendukung Instalasi Upgrade OEM Style

Pabrikan yang bermarkas di Munich itu mengatakan, R18 Transcontinental disebut sebagai Grand American Tourer yang ideal digunakan untuk perjalanan jarak jauh, karena dapat memberikan kenyamanan lebih.

Baca Juga:
Pilihan Kualitas Terbaik, Focal Jadi Andalan FI Audio untuk Upgrade Speaker di Mobil Premium

Sesuai dengan misinya, motor ini telah dilengkapi dengan fairing depan dan kaca depan yang relatif besar. Model ini juga dilengkapi dengan deflektor angin sewarna dengan bagian bodi, lampu tambahan, grip heater, dan heated seat.

Selain itu, Transcontinental dilengkapi dengan sandaran punggun penumpang belakang, lengkap dengan kotak penyimpanan di kedua sisi, serta pelindung mesin. Sementara R18B tampil lebih ringkas dan lebih ke arah gaya 'bagger'.

Baca Juga:
Diracik Mega Audio, Upgrade Sound System Mini Countryman Bisa Pakai Focal Plug and Play BMW

Di atas setang, terdapat empat pengukur analog bulat yang menampilkan bermacam informasi. Sekali lagi, desainnya mirip dengan sepeda motor touring asal Amerika Serikat yakni Harley Davidson.

BMW R18 Transcontinental

Menariknya, agar semakin nyaman alam perjalanan jarak jauh dan membuat pengendara rileks, BMW Motorrad berkolaborasi dengan spesialis tata suara (Sound System) asal Inggris, Marshall.

Kolaborasi keduanya, berhasil menyematkan sistem audio mumpuni di R18 Transcontinental dan R18B Bagger. Perangkat audionya berupa speaker dua arah sebagai standar. Lalu tersedia sebagai pilihan adalah sistem suara Marshall Gold Series Stage 1 dan Stage 2.

Paket audio itu tersedia dalam pilihan hingga empat speaker dan dua subwoofer yang menyediakan output 280 Watt. Tentunya, sistem audio ini sudah dirancang dengan baik agar dapat tahan dalam segala kondisi cuaca.

Sebagai tenaga penggerak, sama seperti R18 lainnya, kedua produk anyar ini dibekali dengan mesin boxer-twin 1.802 cc yang menghasilkan 91 HP pada 4.750 rpm dan torsi 158 Nm pada 3.000 rpm.

Sepeda motor ini akan tiba di Amerika Serikat bulan depan, dan akan dijual dengan harga mulai dari US$21.495 atau sekitar Rp 311 juta untuk R 18 B. Demikian juga, R 18 Transcontinental mulai dari US$24.995 atau sekitar Rp361 juta. Memiliki harga tersebut, membuat R18 memiliki harga yang lebih mahal dari Honda Goldwing. (EPS)