Fitur Lift-Up di Speaker 3-Way Alpine Memperindah Kualitas Suara dan Tampilan Interior

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 11/Agu/2021 12:27 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Ketika ingin upgrade audio, tentu yang paling dicari adalah kualitas suaranya, terlebih untuk penganut aliran Sound Quality (SQ). Namun misalnya perangkat audio tersebut juga mendongkrak tampilan interior, kenapa tidak?

Itulah yang dipertimbangkan Alpine dalam pembuatan produk speaker-nya, yaitu lift-up tweeter untuk speaker 3-way. Pasalnya, speaker 3-way Alpine dengan tweeter lift-up memperindah penampilan sekaligus kualitas suara secara bersamaan. Bagaimana bisa?

Baca Juga:
Berukuran Kompak, Speaker dan Subwoofer Focal K2 Power Cocok untuk Upgrade Audio Mobil Retro

Fitur lift-up dibuat untuk memvisualisasikan kualitas suara dengan mengangkat penutup atas atau active top cover yang notabene ada tweeter di baliknya, ketika engine start/stop berada dalam posisi on namun tidak sampai mesin menyala.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

(sumber: Alpine)

Active top cover tersebut secara mekanis akan terangkat dengan halus untuk mengeluarkan suara dari tweeter, dan di-setting tidak hanya agar lebih meningkatkan rasa kualitas suara, tetapi juga untuk menciptakan kesan dinamis secara visual dari proses mengangkatnya.

Baca Juga:
Suara Lebih Detail, Speaker Alpine DP-65C Cocok untuk Upgrade Audio Toyota Yaris Cross

Tampilan active top cover-nya berdesain seperti knob putar di perangkat home audio/video agar memberikan kesan mewah sekaligus canggih dengan material aluminium untuk memaksimalkan efek suara dari tweeter karena berfungsi sebagai bagian akustik.

Selain itu, LED birunya terhubung ke dimmer yang secara otomatis akan menyala dengan indah apabila tweeter-nya keluar dan meredup saat lampu mobil dinyalakan. Dengan adanya LED membantu menciptakan atmosfir kabin yang lebih rileks.

(sumber: Alpine)

Ketika engine start/stop berada di posisi off, active top corner akan menurun hingga rata dengan ring-nya dan lampu LED akan mati.

(sumber: Alpine)

Nama speaker yang terukir di bagian ring dan logo Alpine di lis krom-nya menambah kesan premium untuk detailnya sehingga membuat tampilan interior menjadi lebih menarik dan memberi impresi ketika melihat dari luar kabin.

(sumber: Alpine)

Sementara untuk meningkatkan kualitas suara, bentuk bagian belakang active top cover dibuat dengan bentuk kerucut, agar penyebaran rentang frekuensi tinggi dapat dikontrol secara akurat.

Tweeter dari fitur lift-up tersebut juga dirancang terhubung dengan speaker Alpine X yang memiliki teknologi dan material high-end untuk menghasilkan suara lebih natural dan mendetail.

Ditambah lagi, speaker 3-way dengan fitur lift-up tersebut hanya dirancang untuk masing-masing mobil lengkap dengan tuning suaranya, namun saat ini baru tersedia untuk mobil Toyota.

Speaker Lift-Up di Toyota C-HR (sumber: Alpine)

Menariknya, Alpine menyediakan speaker 3-way dengan fitur lift-up untuk mobil Toyota yang juga keluaran APM seperti Alphard, Vellfire, dan C-HR.

Dengan adanya fitur lift-up untuk speaker 3-way, bukan hanya meningkatkan kualitas suara audio mobil tetapi juga turut mendongkrak penampilan interior yang sepertinya cocok untuk pemakaian kontes modifikasi.

Mekanisme pengangkatan tersebut sudah dilakukan tes durabilitas, sehingga tampilan lift-up dan kualitas suara akan terjaga apapun kondisi berkendaranya.

(Joule)