Carrozzeria TS-WX130DA, Subwoofer Aktif Dengan Fitur DSP Inovatif

  • Oleh : Julfikri

Kamis, 12/Agu/2021 10:00 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Pioneer, melalui divisi car audio-nya yaitu Carrozzeria kerap menawarkan produk inovatif dimana kualitas suara tidak menjadi daya tarik semata.

Kualitas suara memang penting bahkan krusial, namun apabila menawarkan inovasi yang menjadi daya tarik tidak kalah penting. Terlebih jika inovasi tersebut menambah kepuasan pelanggan, terutama kalau sudah bicara apapun terkait kemudahan atau “convenience”.

Baca Juga:
Audio Plus Indonesia Luncurkan Goldhorn, Peranti DSP Amplifier Sekaligus High Res Player

Seperti salah satu produk subwoofer aktif yang bukan hanya dibuat sederhana mulai dari produk hingga pemasangan, tetapi menawarkan fitur tuning inovatif pada Digital Signal Processor (DSP), yaitu Carrozzeria TS-WX130DA.

Baca Juga:
Tanpa Ganti Head Unit, DSP Alpine PXE-R600 Jadi Solusi Upgrade Audio Honda All-New HR-V

(sumber: Pioneer)

Baca Juga:
Mau Upgrade Audio Toyota Innova? Racikan Instalatur Peserta ENDURANCE BATTLE Bisa Jadi Inspirasi

Carrozzeria TS-WX130DA memiliki fitur tuning inovatif yaitu DSP equalizer “Digital EQ” dimana pendengar dapat memilih dua mode yaitu “Deep” dan “Dynamic” untuk karakteristik di frekuensi rendah dengan remote control.

“Deep” merupakan mode untuk mendukung karakteristik ultra-low range dan menghasilkan kualitas suara yang kaya gradasi. Mode seperti ini menghasilkan suara bass yang lebih dalam sehingga cocok untuk memutar musik jazz atau klasik.

Kemudian “Dynamic” merupakan mode untuk menghasilkan suara bass yang lebih kuat dari frekuensinya tanpa meningkatkan output-nya. Mode seperti ini cocok untuk memutar musik EDM atau rock yang notabene memiliki karakter menggebu-gebu.

Dengan adanya remote control untuk mengatur fitur Digital EQ tersebut memudahkan pendengar untuk melakukan tuning suara menyesuaikan aliran musik yang didengarnya.

Subwoofer aktif tersebut juga bisa dikombinasikan dengan jalur speaker dan tersedia RCA connection-nya untuk dihubungkan ke head unit.

(sumber: Pioneer)

Carrozzeria TS-WX130DA, yang merupakan 160W Class D amplifier, mampu menghasilkan suara yang kuat dan jelas bahkan dalam volume tinggi sekalipun dan sudah mendukung power supply dari konsol-nya.

(sumber: Pioneer)

Subwoofer Carrozzeria TS-WX130DA berukuran 20 x 13 cm, dengan material aluminium pada diafragmanya, untuk mengejar keseimbangan dari kerucut hingga sirkuit magnetik, sehingga mampu menghasilkan bass mendalam ketika berada di volume tinggi untuk penumpang belakang.

(sumber: Pioneer)

Tak ketinggalan, dimensi Carrozzeria TS-WX130DA memiliki panjang 280 mm, lebar 200 mm, dan tinggi 70 mm dengan berat 3,5 kg yang tentunya akan lebih mudah dipasang dan diletakkan di tempat tersembunyi.

(sumber: Pioneer)

Misalnya diletakkan di tempat yang terlihat, desain casing-nya akan menghiasi kabin untuk penumpang belakang.

Spesifikasi

Konfigurasi 20 cm x 13 cm flat aluminum diaphragm subwoofer, maximum output 160 W, playback frequency band 20-200 Hz (mode deep) 40-160 Hz (mode dynamic), output sound pressure level 95 dB (mode deep) 100 dB (mode dynamic), low pass filter 50-120 Hz (-12 dB / oct), maximum current consumption 4,3 A, panjang kabel 5 m (speaker, power, remote control) 0,2 m (koneksi RCA), berat 3,5 kg (termasuk aksesoris)

(Joule)