Varian GR Sport Ini Bisa Jadi Referensi Modifikasi untuk 2 Model Toyota Pasar Indonesia

  • Oleh : Julfikri

Jum'at, 13/Agu/2021 10:06 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merk Toyota di Indonesia sedang menggencarkan lini sporti dengan image motorsport, yaitu Toyota Gazoo Racing (GR).

Setelah menghadirkan sportscar Toyota GR Supra, TAM melakukan ekspansi GR ke mobil non-sportscar dengan label GR Sport dari pertama di SUV kompak Raize, hingga menggantikan semua lini TRD Sportivo yang ada di Agya, Yaris, Rush, dan Fortuner.

Sebetulnya ada 2 model Toyota keluaran PT. TAM yang tersedia versi GR Sport-nya, namun untuk saat ini tidak masuk pasar Indonesia. 2 model tersebut antara lain MPV Voxy dan compact SUV C-HR.

Toyota Voxy

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Voxy GR Sport memakai body kit yang dibalik penampilan sportinya terdapat unsur performa, seperti mengurangi center of gravity karena berbasis MPV dengan bodi tinggi.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Meski berorientasi performa, tentunya terdapat sejumlah detail untuk penampilan lebih sporti, seperti front grill, lampu depan LED dengan auto levelling low beam function dengan batok warna hitam, smoke plated backdoor garnish, dan rear combination lamp.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Misalnya terlalu polos, GR juga menyediakan opsi untuk detail seperti body stripe, pentil ban, kunci untuk baut pelek, dan emblem untuk di bumper.

Selain itu pelek 18 inci-nya dibalut ban Bridgestone POTENZA RE050A berukuran 215 / 45R18 yang tentunya membuat grip lebih baik dibanding Voxy non-GR Sport.

Menariknya, GR menyediakan opsi pelek 18 inci dengan bentuk yang sama namun beda corak atau finishing, yaitu dengan aksen merah dan finishing krom gelap.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Kemudian di sektor interior, Voxy GR Sport memakai sporty seat dengan material kombinasi Brin Naub dan kulit sintetis, pedal set, dan material kulit sintetis pada shift knob serta setir palang 3. Untuk panel instrumen-nya memakai optitron dengan corak silver dan lighting merah.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Sebagai pelengkap, tersedia karpet dan lampu LED yang menampilkan emblem GR untuk menghiasi suasana sporti pada interiornya.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Di sektor performa, terdapat 11 penguat sasis agar lebih stabil, termasuk untuk suspensi yang telah di-tuned dengan membuat lebih ceper sekitar 20 mm untuk depan dan 25 mm untuk belakang agar mengurangi center of gravity sehingga handling-nya menjadi lebih baik.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Selain itu, Voxy GR Sport juga dilengkapi sports brake pad untuk depan dan belakang agar lebih pakem dan terkontrol dan electric power steering yang di-tuning agar MPV berbodi tinggi tersebut lebih terkendali.

Untuk parts bawaan atau opsi GR Sport tidak dijual secara terpisah, kecuali setir, shift knob, dan engine start/stop. Selain itu belum diketahui juga apakah Toyota menerima konversi dari Voxy biasa ke GR Sport.

Itu berarti selain setir, shift knob, dan engine start/stop, untuk mendapatkan parts Voxy GR Sport harus melalui bagian sparepart.

 

Toyota C-HR

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Varian GR Sport di C-HR menawarkan konsep yang sedikit berbeda dibanding sesamanya karena parts eksterior-nya lebih ke style ketimbang performa namun tetap khas GR Sport.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Namun ternyata dengan penampilan sporti khas GR, masih ada parts opsional-nya seperti front side spoiler, side skirt, rear bumper spoiler, dress-up muffler, dan emblem GR untuk di bumper.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Untuk interior tetap menawarkan aspek fun to drive melalui sporty seat dengan material kombinasi Brin Naub dan kulit sintetis, pedal set, dan material kulit sintetis pada shift knob serta setir palang 3. Panel instrumen-nya masih terlihat seperti standar namun ditambah logo GR sebagai pembeda.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Tersedia opsi karpet untuk di kabin dan ruang bagasi dengan emblem GR untuk melengkapi atmosfir khas-nya.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Kemudian di sektor performa, tuning GR-nya hanya menambah 1 titik penguat sasis di tengah untuk meningkatkan kekakuan bodi sehingga meningkatkan respon setir dan tuning suspensi seperti per, set load, stabilizer, dan sokbreker untuk memaksimalkan performa ban 225/45 R19-nya.

Parts interior bawaan C-HR GR Sport yang dijual terpisah hanya setir, shift knob, dan tombol engine start/stop. Selebihnya, termasuk parts opsional, harus melalui bagian sparepart.

(sumber: Toyota Gazoo Racing)

Untungnya, GR tidak membuat parts penguat sasis eksklusif untuk GR Sport, yang berarti C-HR non-GR Sport juga bisa merasakan tuning kekakuan bodinya. Selain itu GR juga menyediakan suspension set yang membuatnya lebih ceper 20 mm untuk C-HR non-GR Sport dan 17 mm untuk GR Sport.

Parts bawaan GR Sport, baik Voxy maupun C-HR, umumnya tidak dijual terpisah, namun setidaknya menjadi referensi untuk keduanya yang tidak tersedia varian GR Sport untuk pasar Indonesia. Semoga saja PT. TAM merilis varian GR Sport untuk keduanya atau menerima konversi-nya.

(Joule)