Audison AP4.9 bit, Juaranya Amplifier Untuk Upgrade Audio 2-Way

  • Oleh : Julfikri

Senin, 16/Agu/2021 10:59 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) – Buat yang ingin upgrade audio 2-way, amplifier Audison AP4.9 bit bisa menjadi pilihan, karena performa dari 9 channel digital signal processor (DSP) dan 4 channel amplifier-nya melebihi dimensi kompaknya.

“Prosesor 9ch/4amps yang sudah gak perlu diragukan lagi kemampuannya.” buka Wahyu Tanuwidjaja, Chief Executive Officer PT. Audioworkshop selaku pemegang brand Audison di Indonesia kepada SoundandMachine.com melalui WhatsApp (27/7/2021)

Baca Juga:
Konsisten Upgrade Audio Sampai High End, Pemilik Mobil ini Tambah Lagi Amplifier Audison Thesis

4 channel amplifier pada AP4.9 bit dapat diatur ke mode dengan prosesor sinyal digital (DSP) sebesar 32-bit dan147-MHz serta konverter dari Analog ke Digital atau sebaliknya sebesar 24-bit, yang penting untuk mengoptimalkan kinerja akustik audio mobil.

9 channel tersebut juga terdiri dari 4 amplified output dan 5 output booster untuk amplifier analog dengan 7 input sinyal, 6 Hi-Level dan 1 digital optik S/PDIF.

Baca Juga:
Pakai Teknologi Kelas Atas, Speaker 2-Way Alpine DM-65C Jadi Pilihan Empat Gerai Audio Ternama Ini

Setiap saluran keluaran memiliki fitur berupa grup equalizer parametrik, crossover elektronik frekuensi 68 langkah, serta filter Butterworth atau Linkwitz dengan kemiringan 6-24 dB dan digital time delay line.

Baca Juga:
Andal untuk Daily dan Kompetisi, Power Amplifier Audison SR Series Jadi Pilihan Gerai Audio Ini

Diagram pemasangan AP4/9 bit untuk upgrade audio 2-way aktif di depan dan eksternal subwoofer (sumber: Audison)

Ketika dipasangkan ke audio 2-way dengan subwoofer, output untuk tweeter depan memiliki cut frequency 3.000 Hz di 12 dB dengan cut filter Hi Pass. Kemudian output untuk woofer kiri dan kanan, dengan cut filter band pass memiliki cut frequency 80-3.000 Hz di 12 dB.

Untuk pre-output di subwoofer-nya, dengan cut filter lo pass memiliki cut frequency 80 Hz di 12 dB. Itu semua dengan filter Linkwitz dan power-nya 70 W di 4 Ohm atau 130 W di 2 Ohm.

Meski bisa untuk 2-way, sistemnya sudah terhubung ke head unit atau prosesor dari bawaan mobil apapun, bit AP4.9 mengirimkan kembali sinyal linier berkat fungsi de-Equalization.

Ketika diset dengan konfigurasi input tingkat tinggi, de-equalization dapat digunakan untuk memaksimalkan penggunaan head unit OEM, bahkan jika unit tersebut disetarakan untuk beradaptasi paling baik dengan akustik mobil tempat mereka dipasang.

De-equalization melakukan analisis respons frekuensi listrik yang berasal dari berbagai channel pada head unit OEM dan secara otomatis menerapkan equalization yang berlawanan dengan bawaannya, sehingga menghasilkan sinyal linier dan jauh lebih cocok untuk sistem audio berkualitas tinggi.

Selain itu AP4.9 bit juga dilengkapi Automatic Speaker Presence sebagai opsi yaitu berupa input modul jika menggunakan sinyal yang berasal dari sumber OEM.

Modul ini mensimulasikan beban speaker sistem pabrik OEM, menghasilkan interface yang tepat tepat antara output yang diperkuat sumber dan input analog bit AP4.9.

Itulah mengapa AP4.9 bit sangat ideal untuk upgrade 2 way system yang aktif sepenuhnya di depan, sehingga memberikan kemampuan untuk menetapkan pre-out ke amplifier lain dan memperkuat sistem, dengan komponen berukuran panjang 198 mm, lebar 134 mm, dan tinggi 45,5 mm.

(Joule)