Digital Signal Processor Dominations, Cara Praktis dan Terjangkau Upgrade Audio Mobil

  • Oleh : ADV

Selasa, 24/Agu/2021 12:42 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Setiap mobil penumpang, biasanya sudah dilengkapi dengan sistem audio bawaan pabrik. Namun terkadang, kualitasnya terbilang masih kurang memuaskan, khususnya bagi para penikmat audio, meski untuk beberapa mobil premium, sudah mengadopsi sistem audio dari merek ternama.

Nah terkait hal tersebut, banyak orang ingin menuntut kualitas audio lebih baik sehingga lebih nyaman di dalam mobil mendengar lantunan musik dari daftar lagu favorit mereka. Namun masih banyak yang bingung apa komponen dari audio yang harus di-upgrade terlebih dahulu?

Baca Juga:
Untuk Berbagai Kebutuhan Upgrade Car Audio, Alpine Luncurkan DSP PXE-X800 di GIIAS 2022

Ternyata, upgrade audio tidak perlu melulu menganti speaker atau bahkan head unit, cukup menggunakan standar pabrikan saja, audio mobil bisa mengeluarkan suara jernih. Caranya dengan memasang processor atau Digital Signal Processor (DSP).

Baca Juga:
Hadirkan Lini Produk Terbaik, Alpine Tampil All-Out di CAN International Judge Training 2022

Apalagi, banyak peranti head unit standar yang tidak bisa diganti karena sudah built-in dengan peranti audio standar. "Saat ini banyak mobil-mobil terbaru yang head unit-nya sudah tidak bisa diganti, solusinya kita pakai DSP ini untuk upgrade audionya, ujar Wahyu Tanuwidjaja, pakar audio mobil di Indonesia.

Pria yang juga founder dari Audioworkshop tersebut menambahkan, pihaknya saat ini memiliki beberapa pilihan DSP dengan merek Dominations Audio. DSP merek Dominations tersebut bahkan telah ada sejak 10 tahun yang lalu.

Baca Juga:
Mantap Nih! Promo Year-End 2021 Audioworkshop, Upgrade Audio Gratis Peredam dan Kabel

Kilas balik, 10 tahun lalu Dominations The Corpus Call-O-Sum menjadi DSP merek Indonesia pertama yang ada di pasar asia. 10 tahun kemudian, hadir kembali dengan fitur, harga dan kemampuan terbaik. The All New Corpus Call-O-Sum 8425 / 6425 hadir dalam dua versi, 8 channel dan 6 channel. 

"Kami punya DSP yang sudah built-in. Ada fitur USB 48K 24 bit, ini sudah setengah high-res, lebih bagus dari CD," jelas juara tiga kali Pahami All Champions / COC IIMS Tuner ini. 

Harga jual retail pada saat diluncurkan, untuk 8425 8 Channel Rp 5.500.000,- dan 6425 6 Channel Rp 2.750.000,. kedepannya, Audioworkshop dikabarkan tengah menyiapakan produk DSP anyar dengan fitur yang lebih komplet. 

"DSP adalah perangkat awal kita dalam bermain audio. Harusnya produk baru meluncur awal tahun ini, tapi ada beberapa kendala," pungkas Wahyu. Seperti apa DSP-nya? kita tunggu saja. (EPS)