Audio System JBL Toyota GR Yaris, Hiburan Tambahan Selain Performa Mobil

  • Oleh : Julfikri

Rabu, 25/Agu/2021 17:32 WIB


SoundandMachine.com (Jepang) – Sports hatchback Toyota GR Yaris memang terfokus pada performa yang berarti, in-car entertainment seperti audio bisa dibilang bukan fokus utama.

Baca Juga:
Pas untuk Instalasi Daily dan Kompetisi, Begini Referensi Upgrade Audio Full Alpine Status

(sumber: Toyota)

Namun ternyata Toyota cukup memperhatikan aspek entertainment pada GR Yaris, terutama ketika sedang dibawa santai atau mungkin pengemudinya butuh hiburan tambahan, yaitu dengan menyematkan audio system JBL yang disalurkan oleh layar head unit 8 inci-nya.

Baca Juga:
Ganti Tweeter ke FRAK Bikin Speaker Entry Level Focal Slatefiber JadI Naik Kelas

(sumber: Toyota)

Baca Juga:
Mitigasi Sistem Audio OEM Jadi Lebih Mudah, DSP Audison Forza Kompatibel untuk Speaker Standar

Audio system JBL tersebut memiliki 8 speaker yang terdiri dari full-range di kiri-kanan door trim dan sekitaran penumpang belakang, tweeter di pilar depan, dan mid-range di dekat panel instrumen.

Komponen tersebut memiliki full-range dengan caliber 17 cm dengan rating input 3 W, tweeter berkaliber 2,5 cm dengan input resistance 1 W, mid-range ber-caliber 8 cm dengan input resistance 4 W, dan full-range belakang dengan kaliber 15 cm dan rating input resistance 8,4 W.

Tidak dijelaskan apakah ada digital signal processor (DSP) dan beberapa perangkat pendukung lain, tetapi GR Yaris tersebut dilengkapi Active Noise Control.

Berhubung GR Yaris yang masuk Indonesia sudah tipe tertinggi, bisa dipastikan akan dilengkapi audio system JBL-nya, namun untuk fitur head unit masih belum diketahui.

Toyota memilih JBL untuk audio system karena sudah bermitra dan itupun bukan hanya di GR Yaris tetapi juga ada di beberapa lini mobil mewahnya seperti Toyota Alphard, Toyota Camry, Toyota Harrier, dan sebagainya.

Menariknya, bukan hanya OEM, audio JBL juga ada sebagai bagian dari customizing parts namun untuk model tertentu saja di Jepang.

(Joule)