Dilengkapi Sistem Audio Canggih, BMW iX Siap Hadirkan Suasana Konser di Kabin

  • Oleh : ADV

Senin, 13/Sep/2021 14:37 WIB


SoundandMachine.com (Jakarta) - Sports Activity Vehicle (SAV) listrik lansiran BMW yakni BMW iX, sedianya akan resmi diluncurkan pada penghujung tahun 2021, dan bisa langsung dipesan oleh konsumen. Kabarnya, BMW akan suguhkan dua pilihan, yakni BMW iX iDrive40 dan BMW iX iDrive50. 

"Kami berjanji dan akan memenuhi itu. "Peluncuran pasar BMW iX akan dimulai pada akhir tahun ini dengan pendekatan dua arah. Dalam bentuk BMW iX xDrive40 dan BMW iX xDrive50," ujar Pieter Nota, Member of the Board of Management of BMW AG, responsible for Customer, Brands and Sales.

Baca Juga:
Siap Diandalkan Kompetisi, DSP Audison Forza C8.14 Mendukung Instalasi Upgrade OEM Style

Ia menambahkan, di BMW iX ini motor listriknya sangat berbeda dengan mobil listrik lainnya. Eksitasi rotor pada motor BMW iX tidak diinduksi oleh magnet permanen tetap, tetapi oleh energi listrik.

Baca Juga:
Pilihan Kualitas Terbaik, Focal Jadi Andalan FI Audio untuk Upgrade Speaker di Mobil Premium

BMW iX xDrive50 dilengkapi baterai berkapasitas 100 kWh. Sementara BMW iX xDrive40, punya energi penuh 70 kWh. Besarnya kapasitas energi baterai iX xDrive50 diklaim mampu menghasilkan jarak tempuh 600 km. Sedangkan untuk iX xDrive40, jarak tempuhnya bisa sampai 400 km.

Nah, buat pecinta audio berkualitas, BMW iX punya fitur sound system yang sangat menarik nih. Sebab, BMW telah mengumumkan bahwa iX akan mendapatkan Bowers & Wilkins Diamond Surround Sound System.

Baca Juga:
Diracik Mega Audio, Upgrade Sound System Mini Countryman Bisa Pakai Focal Plug and Play BMW

Hal ini menjadikannya kendaraan sebagai full elektrik pertama, yang mendapatkan penawaran kelas atas dari perusahaan audio Inggris tersebut. Diamond Surround Sound System, yang baru-baru ini diluncurkan di acara IAA Mobility 2021 di Munich, dikatakan sebagai kualitas suara paling canggih yang ditemukan di dalam mobil. 

"B&W melangkah lebih jauh dengan mengklaim bahwa pengalaman audio, akan mirip dengan hadir secara fisik bersama sang artis di studio, atau bahkan suasana konser. Sebuah konsep yang disebut sebagai 'Suara Sejati'," jelas Pieter.

Seperti yang tersirat dalam namanya, sistem ini terdiri dari tweeter Diamond Dome, yang merupakan teknologi yang sama pada loudspeaker Diamond Seri 800, jenis loudspeaker monitor yang disukai Abbey Road Studios. 

Tweeter ini diklaim sanggup menciptakan audio yang sangat akurat, dengan distorsi rendah berkat teknologi pusaran Nautilus. Teknologi ini terdiri dari saluran spiral di belakang kubah tweeter, dengan menghilangkan gelombang suara yang dipantulkan dari bagian belakang unit drive, untuk membatasi distorsi.

Agar senada dengan nuansa interior iX yang minimalis, tweeter ditutupi dengan panel baja tahan karat, berlogo ukiran laser khusus. BMW menyebut, ada total dua tweeter Diamond Dome, tiga tweeter Aluminium Dome, dan lima speaker midrange Aramid Fiber yang dipasang di dalam kabin. 

Delapan speaker lainnya diintegrasikan ke sandaran kepala depan dan belakang, yang dapat disesuaikan secara individual untuk menciptakan pengalaman audio yang benar-benar personal bagi setiap penumpang.

Juga, untuk pertama kalinya, empat speaker bass digabungkan dengan 4D Shaker yang diposisikan secara strategis di dalam kabin, menghasilkan profil bass yang kaya bahkan pada volume rendah.

"Akan ada empat profil audio yang berbeda untuk dipilih, masing-masing memberikan suara yang sangat detail," pungkas Pieter. (EPS)